Lihat ke Halaman Asli

Mbappe Kampung Abar Sambut Dubes Perancis

Diperbarui: 23 September 2018   15:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

"Dear Pak Hari, HE Duta Besar akan pergi ke Papua (Jayapura) untuk hari 20-21 bulan Juni 2018. Could you please inform me about the program you would like to offer him?" e-mail dari Prof Dr Ir Nicolas Gascoin (Head of the Cooperation Office for Science & Technology Ambassade de France en Indonesie) pada 5 April 2018. 

Ternyata HE Duta Besar (Dubes) Perancis Jean-Charles Berthonnet tiba di Jayapura, Minggu (22/7/2018). Saat itu saya masih penelitian arkeologi di Fakfak, Papua Barat. 

Dalam kunjungannya ke Papua, Pak Dubes meninjau proyek PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) di Kampung Abar, Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura. 

Naftali Felle, Kepala Suku Abar bercerita bahwa Pak Dubes disambut oleh Mbappé. Mendengar hal itu saya terkejut, sungguh luar biasa saya pikir, setahu saya, Mbappé adalah penyerang tim nasional sepakbola Perancis. 

Setelah melihat foto kunjungan Pak Dubes, oh ternyata dalam menyambut Pak Dubes, ada masyarakat Abar yang mengenakan potongan kardus bertuliskan 10 Mbape. 

Kampung Abar terkenal sebagai penghasil kerajinan gerabah di Danau Sentani, selain itu hutan kampung ini juga dikenal sebagai spot paradise bird watching

Untuk menuju Kampung Abar, dari Bandara Sentani naik mobil atau ojek sekitar 15 menit tiba di dermaga Yahim, dari dermaga Yahim naik perahu "angkutan umum danau" dengan membayar Rp 10 ribu per penumpang, dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline