Lihat ke Halaman Asli

Suprihadi SPd

Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Guling, Galang, Gulung

Diperbarui: 2 Oktober 2022   06:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Guling, Galang, Gulung

Tentara Burkina Faso, melalui kapten Ibrahim Traore, mengumumkan bahwa pihaknya menggulingkan pemimpin junta militer Letnan Kolonel Paul-Henri Damiba. (https://twitter.com/kompascom)

Dalam cuplikan berita di atas terdapat kata menggulingkan. Kata tersebut merupakan kata turunan dari kata dasar "guling" dan diberi imbuhan "meN-kan".

Kita perhatikan paragraf berikut ini.

Jika Anda ingin menyelenggarakan penggalangan dana, sulit dilakukan sendirian. Kumpulkan tim yang berisi orang-orang yang sepemikiran dan meyakini tujuan yang hendak digalang. (https://id.wikihow.com/Menggalang-Dana-Untuk-Tujuan-Mulia)

Dalam cuplikan artikel di atas terdapat kata penggalangan. Kata tersebut merupakan kata turunan dari kata dasar "galang" dan diberi imbuhan "peN-an".

Kita perhatikan penggalan berikut ini.

Apabila kamu suka mengenakan baju lengan panjang, usahakan untuk menggulung lengan kemeja atau kaos hingga ke siku. (https://www.kompas.com/parapuan)

Dalam cuplikan artikel di atas terdapat kata menggulung. Kata tersebut merupakan kata turunan dari kata dasar "gulung" dan diberi imbuhan "meN-".

 

Kata Guling

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline