Lihat ke Halaman Asli

Supli rahim

Penulis dan dosen

Kisah Umat Ketika Mereka Mendustakan para Nabi

Diperbarui: 16 April 2023   15:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bismillah,

Di dalam Al-Quran, terdapat beberapa kisah tentang umat-umat yang mendustakan para nabi yang diutus oleh Allah SWT untuk membimbing mereka. Berikut beberapa di antaranya:

Umat Nabi Nuh AS
Umat Nabi Nuh mendustakan dan menolak ajakan Nabi Nuh untuk beriman kepada Allah SWT. Mereka bahkan mengejek Nabi Nuh dan menyebutnya sebagai orang yang sesat. Akibatnya, Allah SWT menghukum mereka dengan banjir besar yang menghancurkan seluruh umat Nabi Nuh, kecuali mereka yang beriman dan diampuni oleh Allah SWT.

Umat Nabi Hud AS
Umat Nabi Hud mendustakan dan menolak ajakan Nabi Hud untuk beriman kepada Allah SWT. Mereka bahkan membangkang dan memperolok-olokkan Nabi Hud. Akibatnya, Allah SWT menghukum mereka dengan angin topan yang sangat kuat yang menghancurkan seluruh umat Nabi Hud, kecuali mereka yang beriman dan diampuni oleh Allah SWT.

Umat Nabi Shaleh AS
Umat Nabi Shaleh juga mendustakan dan menolak ajakan Nabi Shaleh untuk beriman kepada Allah SWT. Mereka bahkan menuduh Nabi Shaleh sebagai orang yang membawa malapetaka. Akibatnya, Allah SWT menghukum mereka dengan gempa bumi yang sangat kuat yang menghancurkan seluruh umat Nabi Shaleh, kecuali mereka yang beriman dan diampuni oleh Allah SWT.

Umat Nabi Musa AS
Umat Nabi Musa juga mendustakan dan menolak ajakan Nabi Musa untuk beriman kepada Allah SWT. Mereka bahkan menganggap Nabi Musa sebagai orang yang merusak kehidupan mereka. Akibatnya, Allah SWT menghukum mereka dengan bencana-bencana yang beruntun, seperti kelaparan dan kekeringan yang panjang.

Umat Nabi Ibrahim AS
Umat Nabi Ibrahim juga mendustakan dan menolak ajakan Nabi Ibrahim untuk beriman kepada Allah SWT. Mereka bahkan mencoba membunuh Nabi Ibrahim. Namun, Allah SWT menyelamatkan Nabi Ibrahim dan menghukum umatnya dengan api yang sangat besar.

Dari kisah-kisah tersebut, dapat dipahami bahwa Allah SWT memberikan kesempatan kepada umat manusia untuk beriman dan bertobat. Namun, jika mereka terus mendustakan para nabi dan menolak ajakan untuk beriman kepada Allah SWT, maka Allah SWT akan menghukum mereka dengan azab yang pedih. Oleh karena itu, sebagai umat manusia yang beriman, kita harus selalu mengingat dan menghormati para nabi serta berusaha untuk selalu taat kepada perintah Allah SWT.

Umat Nabi Isa AS
Umat Nabi Isa juga mendustakan dan menolak ajakan Nabi Isa untuk beriman kepada Allah SWT. Mereka bahkan menuduh Nabi Isa sebagai orang yang menyebarkan kebohongan. Namun, Allah SWT menyelamatkan Nabi Isa dan mengangkatnya ke surga. Umat Nabi Isa pun dihukum dengan kebinasaan dan kemurkaan Allah SWT.

Umat Nabi Muhammad SAW
Umat Nabi Muhammad SAW juga tidak terlepas dari kasus ini. Sebagian umat Islam saat ini juga ada yang menolak ajaran Islam dan menuduh Nabi Muhammad sebagai orang yang membawa agama palsu. Hal ini tentu saja sangat bertentangan dengan ajaran Islam yang menghormati dan mencintai Nabi Muhammad sebagai nabi terakhir dan utusan Allah SWT.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline