Lihat ke Halaman Asli

Nia Nurkhanifah

Mahasiswi | Penulis Lepas

Jangan Lewatkan Strawberry Moon! Supermoon Terakhir di Tahun 2021!

Diperbarui: 24 Juni 2021   20:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pedestrian.com/supermoon

Setiap orang pasti tahu fenomena bulan purnama atau Supermoon. Tetapi sangat sedikit orang yang bisa menyaksikan fenomena bulan purnama strawberry atau disebut juga dengan Strawberry Moon. Bulan purnama ini dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia pada hari Kamis, 24 Juni 2021 dari arah barat daya sebelum matahari terbenam. Pada hari Jumat, 25 Juni 2021, Strawberry Moon akan berkulminasi pada pukul 01.39 WIB, 02.39 WITA dan 03.39 WIT.

Strawberry Moon merupakan julukan dari suku asli Amerika yang berdasar pada Farmer's Almanac. Sebuah legenda menyatakan bahwa ada alasan dalam setiap pemberian nama-nama bulan purnama salah satunya Strawberry Moon. Suku-suku asli Amerika memberikan julukan Strawberry Moon sebagai penanda waktu terbaik untuk memanen atau memetik strawberry liarSuku-suku asli Amerika juga memberikan julukan lain untuk fenomena bulan purnama lainnya seperti Blue Moon dan Blood Moon.

Fenomena Strawberry Moon dapat disaksikan saat cuaca langit sedang cerah dan tidak berawan. Pastikan kalian mengamati fenomena ini di lokasi yang tepat (tidak terhalang bukit, gunung dan gedung). Sayangnya, belum ada link streaming resmi dari LAPAN. Akan tetapi kalian bisa menonton live streaming di https://www.virtualtelescope.eu/webtv/

Perlu kita ketahui fenomena Supermoon di tahun 2021 terjadi pada tanggal 27 April 2021, 26 Mei 2021 dan 24 Juni 2021. Jadi, fenomena Strawberry Moon hari kamis 24 Juni 2021 adalah fenomena Supermoon terakhir yang ada di tahun 2021. So, jangan sampai terlewatkan!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline