Masyarakat pada masa sekarang ini sangat gemar berbelanja baik secara offline maupun online. Dalam keputusan pembeliannya masyarakat begitu memperhatikan berbagai faktor,salah satunya presepsi kualitas dari suatu produk atau jasa yang akan digunakan. Setelah menggunakan produk, niat beli meningkat dan juga menurun, karena memiliki hubungan langsung yang saling mempengaruhi. Jika kualitas tinggi, maka niat beli akan tinggi.
Bagaimana persepsi kualitas di berbagai sektor yang ada di Indonesia dapat mempengaruhi keputusan pembelian?
Dalam sektor industri transportasi yang berkembang pesat, perusahaan mobil Suzuki Ertiga di Semarang meningkatkan inovasi atau menghadirkan dengan jenis, model, dan fitur yang beragam. Hal tersebut akan membuat persepsi kualitas produk bahwa tinggi ataupun rendahya suatu produk akan dinilai dan dilihat oleh konsumen.
Selain itu di PT Astra Internasional Daihatsu, kepuasaan konsumen terdapat pada kualitas produk, semakin besar persepsi kualitas yang dirasakan oleh konsumen maka akan sangat mempengaruhi kepuasan konsumen pada PT. Astra International Daihatsu Paal 2 Manado dan akan memengaruhi keputusan pembelian.
Lalu pada sektor industri kecantikan, kualitas produk menjadi daya tarik bagi pembeli pelembab Wardah. Karena pelembab Wardah memberikan dampak kecantikan dan kesehatan bagi wajah. Produk ini lebih unggul dan lebih terkenal dibanding dengan produk yang dimiliki. Selain itu di perusahaan The Body Shop, setelah menggunakan produk kecantikan konsumen sangat mempertimbangkan persepsi kualitas dalam produk kecantikan tersebut dengan menginginkan perbaikan pada bahan produk kecantikan dengan mengunggulkan pilihan bahan yang terbaik dan alami.
Dalam sektor bisnis ritel bisnis seperti toko buku Gramedia mengutamakan kualitas pelayanan namun juga memperhatikan kebutuhan pelanggan dan presepsi pelanggan. Kualitas pelayanan memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan pelanggan. Presepsi kualitas pelayanan menjadi sebuah factor yang memiliki pengaruh pada kelangsungan hidup suatu perusahaan untuk dapat bertahan dan berkembang dalam kompetisi bisnis. Jadi konsumen berniat kembali dan percaya di untuk membeli buku di toko buku gramedia.
Di dalam sektor otomotif, perkembangan otomotif di Indonesia mengalami kemajuan yang cukup pesat seperti kenaikan penjualan ban mobil merek Achiles di Jakarta Selatan. Meningkatnya penjualan ban mobil tersebut berdampak langsung dipertumbuhan industri. Hal tersebut diakibatkan karena persepsi kuliatas produk,citra merek dan promosi sangat baik serta berkualitas tinggi.
Tinggi rendahnya penjualan suatu produk atau barang tersebut diminati atau tidak oleh pelanggan yang memiliki persepsi manfaat dan nilai atas produk tersebut. Dan bila masalah presepsi kualitas produk tersebut dianggap belum bisa menyamai kuliatas produk lain maka pembelian akan menurun.
Selanjutnya dalam sektor pariwisata, kualitas daya tarik wisata baik daya tarik wisata alam, daya tarik wisata bangunan, daya tarik wisata budaya dan daya tarik wisata sosial yang berada di Jawa Tengah menurut persepsi wisatawan mancanegara adalah baik. Jika peningkatan dalam daya tarik wisata terus naik maka akan mempengaruhi niat wisatawan untuk berkunjung kembali ke wisata tersebut.
Pelanggan menganggap persepsi kualitas sebagai konsep yang lebih spesifik berdasarkan fitur produk dan layanan, sementara perusahaan dapat memiliki tingkat kontrol atas kualitas. Dapat disimpulkan, apabila persepsi kualitas dianggap sebagai penilaian keseluruhan, maka kualitas yang dirasakan dapat dipahami sebagai sumber kepuasan pelanggan. Faktor seperti brand name (nama merk) dan country of origin (Negara asal) dari produk tersebut juga menjadi hal yang penting yang dapat mempengaruhi persepsi kualitas produk tersebut.
Daftar Pustaka