Lihat ke Halaman Asli

Sri Patmi

Bagian Dari Sebuah Kehidupan

Kuasai Pasar Digital, Saatnya Go Online!

Diperbarui: 16 Mei 2019   13:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkembangan teknologi disruptif di era milenial telah membentuk nilai budaya yang baru, salah satunya ialah sistem jual beli. Hubungan transaksional produk dan komoditas didunia online yang kian ramai menjadikan pasar digital sebagai pilihan untuk berbelanja. Hanya melalui layar gadget, pembeli dapat memesan barang sesuai dengan kebutuhan dan diantar ke tempat tujuan sesuai waktu yang telah ditentukan.

Mudah sekali bukan?

Selain itu, aktivitas belanja online ini dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun Anda berada. Kebutuhan dapat terpenuhi tanpa mengurangi kualitas kerja dan rutinitas Anda.

Kemampuan inilah yang membuat pasar digital makin diminati oleh masyarakat. Dilansir dari media daring katadata.co.id, transaksi e-commerce mengalami peningkatan yang sangat pesat dimulai dari angka Rp. 25,1 triliun pada tahun 2014, Rp. 69,8 triliun pada tahun 2016 dan kenaikan yang sangat signifikan terjadi pada tahun 2018 hingga mencapai Rp.144,1 triliun. Angka yang sangat fantastis!

Ditambah lagi dengan kemeriahan event Harbolnas atau hari belanja online nasional yang diadakan pada tahun 2017 tepat pada tanggal 12 bulan 12.

Diskon harbolnas ini semakin memicu masyarakat untuk membanjiri pasar digital secara nasional. Publik heboh dengan diskon produk yang gila-gilaan.

Euforia ini memberikan kontribusi  peningkatan angka 42% dari hasil sebelumnya. Bagi sebagian besar pengusaha, fenomena ini bagaikan peluang emas untuk memperoleh daya beli secara massif.Jadi, para entrepreneur dan pengusaha sudah saatnya Go Online.

Karena pasar digital mampu mensuplai segala kebutuhan publik secara cepat dengan persaingan harga yang super ketat. Pesaing dibalik layar kaca ini mulai menguasai dunia e-commerce.

Apakah Anda hanya telur menjadi telur diujung tanduk? Siap atau tidak siap, perubahan akan terus terjadi baik secara evolutif dan revolutif. Siapa yang mampu bertahan, dia adalah pemenangnya.

Beberapa konsep yang dapat digunakan untuk menghadapi persaingan pasar digital adalah sebagai berikut :

1.      Konsep B2B
2.      Konsep B2C
3.      Konsep C2C

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline