Lihat ke Halaman Asli

Presentasi Sangat Powerfull dengan Teknik Awalan SEFT

Diperbarui: 17 Juni 2015   14:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1420005191556312550

Salah satu faktor terpenting dalam menjalankan bisnis adalah presentasi. seringkali sebelum dan ketika melakukan presentasi kita mengalami masalah jamak seperti gugup, grogi, tidak percaya diri sehingga pikiran kita nge-blank dan susah mengeluarkan kata-kata... alhasil presentasi menjadi kaku, boring dan pesan yang diharapkan tidak sampai ke audines..

Pengalaman yang sangat membantu penulis untuk melakukan presentasi adalah dengan menggunakan tehnik SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique).  caranya sederhana namun terbukti powerfull. cara ini dilakukan diawal sebelum melakukan presentasi. 5-10 menit sebelum melakukan presentasi lakukan PERSIAPAN HATI. berdoa-lah setulus hati kepada orang-orang yang hadir. agar presentasi yang dilakukan memberikan manfaat kepada audiensi. semakin spesifik semakin bagus misal : ketika MC sedang membuka acara kita lihat seluruh audiens sambil membaca doa dalam hati, Ya Tuhan, semoga apa yang saya sampaikan ini memberikan manfaat kepada mereka, menjadi solusi atas maaslah-masalah mereka dan berguna.. dst..

kemudian lakukan presentasi sesuai tema dan materi anda, silahkan dicoba tehnik awalan ini, Mudah-mudahan membantu.. walaupun kita tidak jago ngomong, dengan cara ini, cara loving kindness, InsyaAllah semua akan mengalir dengan sendirinya, bagi yang sudah belajar tehnik SEFT,  disarankan melakukan proses 3P (Peace Personal Procedure) untuk merealase emosi negatif secara cepat..

teman-teman yang sudah mencoba, di share ya di sini ... ({})

(arief sefter @seftclub.com)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline