Lihat ke Halaman Asli

siti nur fadhila

Saya seorang mahasiswa semester 2 universitas airlangga

Efektivitas Vaksin Covid-19

Diperbarui: 1 Juni 2022   09:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Covid-19 merupakan wabah penyakit yang menyerang sistem pernapasan dan pada saat ini menyebar di berbagai penjuru dunia. Covid-19 disebabkan oleh virus SARS-Cov2 yang beresiko kematian. Dengan adanya wabah ini, pemerintah menetapkan kebijakan untuk membatasi segala kegiatan kemasyarakatan dan  menetapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Efektivitas vaksin COVID-19 sudah dievaluasi oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI membuktikan bahwa dengan adanya vaksin risiko terinfeksi COVID-19 dapat menurun. Vaksinasi covid-19 bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang sehingga mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebabvirus tersebut.

Vaksinasi COVID-19 dapat melindungi masyarakat dan dapat menurunkan angka kesakitan serta angka kematian akibat virus COVID-19. Vaksinasi COVID-19 mampu memulihkan kondisi sosial dan ekonomi negara yang terkena dampak pandemic COVID-19. Dampak perekonomian negara sangat signifikan diantaranya adalah perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional, penurunan penerimaan negara, dan peningkatan belanja negara dan pembiayaan.

Selain dampak diatas, pandemi COVID-19 berdampak pada memburuknya sistem keuangan yang ditunjukkan dengan penurunan berbagai aktivitas ekonomi domestik. Pemberian vaksin COVID-19 dapat menurunkan angka kesakitan dan angka kematian akibat virus COVID-19. Untuk mengurangi penularan/penyebaran wabah covid-19 ini, pemerintah berupaya memberikan vaksinasi covid-19 serta mendistribusikan ke seluruh warga Indonesia.

Keefektifan vaksinasi Covid-19 sudah terbukti dapat menurunkan wabah penyakit di Indonesia. Akan tetapi pemerintah menyarankan tetap memperhatikan protokol kesehatan selama masa pemulihan wabah serta untuk memutus angka penyebaran pandemic Covid-19.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline