Lihat ke Halaman Asli

Pia0283

Belajar sepanjang masa

Peran Guru dalam Pemenuhan Hirarki Maslow pada Siswa

Diperbarui: 7 November 2021   20:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : https://www.maxmanroe.com/

Secara fitrah manusia cenderung ingin selalu memenuhi apa yang menjadi keinginannya. Walaupun apa yang menjadi keinginanya tersebut bukan menjadi kebutuhan. Seorang psikolog terkenal Abraham Maslow menggagas teori yang terkait denga hirarki kebutuhan manusia. Hasil penelitiannya yang berjudul  "A Theory of Human Motivation" dipublikasikan pada jurnal Psychological Review menjelaskan tentang tingkatan kebutuhan manusia.

Menurut Hirarki Maslow, pada umumnya manusia memiliki 6 kebutuhan universal yang dibagi menjadi 6 tingkat. Pada tingkat pertama manusia memiliki kebutuhan dasar (fisik-biologis) seperti makan, minum, pakaian, tempat tinggal, dst yang menjadi kebutuhan dasar manusia yang berada pada tingkat pertama. 

Ketika kebutuhan dasar tersebut sudah terpenuhi manusia memerlukan rasa aman baik dari bahaya fisik atau nonfisik. Selanjutnya setelah kebutuhan rasa aman tersebut terpenuhi, manusia memiliki kebutuhan sosial seperti kasih sayang yang diwujudkan dalam hubungan pertemanan, sahabat, kekasih atau pasangan hidup. 

Pada tingkat keempat, manusia memiliki kebutuhan untuk mendapat penghargaan diri yang terkait dengan rasa percaya diri dan nilai diri. Tingkatan terakhir dari Hirarki Maslow ini adalah aktualisasi diri, kebutuhan untuk diakui keberadaannya dalam masyarakat baik masyarakat kecil (keluarga) atau masyarakat dalam makna yang sesungguhnya.  

Aktualisasi diri merupakan tingkat kebutuhan tertinggi terkait dengan potensi diri dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Selayaknya sebuah hirarki, maka pemenuhan semua kebutuhan tersebut harus dilakukan sesuai jenjangnya mulai dari tingkat awal, ketingkat berikutnya dan seterusnya sampai dengan ketingkat terakhir.

Hirarki Maslow tersebut sangat relevan dan dapat diterapkan dalam berbagai bidang termasuk dibidang pendidikan. Dalam gambar di bawah ini kita dapat melihat korelasi hirarki kebutuhan manusia dan penerapannya pada kegiatan belajar mengajar di kelas.

Sumber : Pribadi

Dari gambar piramida di atas, nampak beberapa contoh kebutuhan utama siswa ketika berada di sekolah (kelas). Sudah menjadi kewajiban bagi seorang guru untuk dapat menjalankan dan memastikan proses pembelajaran berjalan dengan optimal dan semua siswa "terlayani" dengan baik. 

Sebagai pengelola utama kelas, guru harus dapat "memenuhi" teori kebutuhan manusia tersebut di dalam kelas terhadap semua siswanya agar kegiatan belajar mengajar berjalan efektif. 

Siswa tidak dapat belajar dan fokus mengikuti kegiatan kelas bila ada kebutuhan yang belum terpenuhi. Baik berupa kebutuhan fisik seperti siswa merasa lapar karena belum sarapan, kehausan bahkan merasa lelah dan mengantuk karena kurang tidur. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline