Mohon tunggu...
Pia0283
Pia0283 Mohon Tunggu... Guru - Belajar sepanjang masa

Long life learner

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Peran Guru dalam Pemenuhan Hirarki Maslow pada Siswa

7 November 2021   20:12 Diperbarui: 7 November 2021   20:14 544 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber : https://www.maxmanroe.com/

Secara fitrah manusia cenderung ingin selalu memenuhi apa yang menjadi keinginannya. Walaupun apa yang menjadi keinginanya tersebut bukan menjadi kebutuhan. Seorang psikolog terkenal Abraham Maslow menggagas teori yang terkait denga hirarki kebutuhan manusia. Hasil penelitiannya yang berjudul  "A Theory of Human Motivation" dipublikasikan pada jurnal Psychological Review menjelaskan tentang tingkatan kebutuhan manusia.

Menurut Hirarki Maslow, pada umumnya manusia memiliki 6 kebutuhan universal yang dibagi menjadi 6 tingkat. Pada tingkat pertama manusia memiliki kebutuhan dasar (fisik-biologis) seperti makan, minum, pakaian, tempat tinggal, dst yang menjadi kebutuhan dasar manusia yang berada pada tingkat pertama. 

Ketika kebutuhan dasar tersebut sudah terpenuhi manusia memerlukan rasa aman baik dari bahaya fisik atau nonfisik. Selanjutnya setelah kebutuhan rasa aman tersebut terpenuhi, manusia memiliki kebutuhan sosial seperti kasih sayang yang diwujudkan dalam hubungan pertemanan, sahabat, kekasih atau pasangan hidup. 

Pada tingkat keempat, manusia memiliki kebutuhan untuk mendapat penghargaan diri yang terkait dengan rasa percaya diri dan nilai diri. Tingkatan terakhir dari Hirarki Maslow ini adalah aktualisasi diri, kebutuhan untuk diakui keberadaannya dalam masyarakat baik masyarakat kecil (keluarga) atau masyarakat dalam makna yang sesungguhnya.  

Aktualisasi diri merupakan tingkat kebutuhan tertinggi terkait dengan potensi diri dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Selayaknya sebuah hirarki, maka pemenuhan semua kebutuhan tersebut harus dilakukan sesuai jenjangnya mulai dari tingkat awal, ketingkat berikutnya dan seterusnya sampai dengan ketingkat terakhir.

Hirarki Maslow tersebut sangat relevan dan dapat diterapkan dalam berbagai bidang termasuk dibidang pendidikan. Dalam gambar di bawah ini kita dapat melihat korelasi hirarki kebutuhan manusia dan penerapannya pada kegiatan belajar mengajar di kelas.

Sumber : Pribadi
Sumber : Pribadi

Dari gambar piramida di atas, nampak beberapa contoh kebutuhan utama siswa ketika berada di sekolah (kelas). Sudah menjadi kewajiban bagi seorang guru untuk dapat menjalankan dan memastikan proses pembelajaran berjalan dengan optimal dan semua siswa "terlayani" dengan baik. 

Sebagai pengelola utama kelas, guru harus dapat "memenuhi" teori kebutuhan manusia tersebut di dalam kelas terhadap semua siswanya agar kegiatan belajar mengajar berjalan efektif. 

Siswa tidak dapat belajar dan fokus mengikuti kegiatan kelas bila ada kebutuhan yang belum terpenuhi. Baik berupa kebutuhan fisik seperti siswa merasa lapar karena belum sarapan, kehausan bahkan merasa lelah dan mengantuk karena kurang tidur. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan