Lihat ke Halaman Asli

Siti Aisyah Putri Cendani

Mahasiswa Prodi Kimia Universitas Diponegoro

100% Alami! Mahasiswa KKN Tim II Undip Praktekkan Cara Membuat Hand Sanitizer dari Daun Sirih

Diperbarui: 10 Agustus 2022   15:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Masa pandemi masih belum berakhir. Walaupun saat ini segalanya mulai kembali normal, namun kita harus tetap menaati dan menjalankan protokol kesehatan ketat. Salah satu perilaku yang wajib dilakukan adalah dengan tetap menjaga kebersihan, terutama menjaga kebersihan tangan. 

Namun sayangnya, cukup sulit menemukan tempat cuci tangan di kawasan umum. Oleh karena itu,hand sanitizer menjadi salah satu alternatifnya. Namun penggunaan alkohol yang terlalu sering pada tangan dapat menyebkan iritasi. Karena hal inilah salah satu mahasiswi KKN Tim II Undip di Kelurahan Sindurjan, Siti Aisyah Putri melakukan pelatihan pembuatan hand sanitizer dari bahan alami.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu (07/08/2022) di Balai Pertemuan Kelurahan Sindurjan. Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 40 orang yang terdiri dari ibu- ibu PKK RW dan Kader Kelurahan Sindurjan serta beberapa remaja. 

Kegiatan berlangsung dengan lancar dengan para peserta yang antusias dan aktif mengikuti praktek pembuatan hand sanitizer. 

Pembuatan hand sanitizer dilakukan menggunakan bahan alami, yakni daun sirih, lidah buaya, dan jeruk nipis. Air rebusan daun sirih berguna sebagai pengganti alkohol, dimana sifat antibakteri ekstrak daun sirih dengan kadar 15% memiliki efektivitas yang sama dengan etanol (Sari, 2006). 

Sedangkan lidah buaya digunakan sebagai pelembab yang berfungsi untuk mencegah supaya tangan tidak kering. Lalu air perasan jeruk nipis dimanfaatkan sebagai pemberi aroma karena aromanya yang segar. 

Tak hanya cara pembuatannya, para peserta juga dibagikan produk hand sanitizer ini. Sebagai refrensi, dibagikan pula poster yang berisi keterangan mengenai langkah cara pembuatan hand sanitizer.

Refrensi : Sari, R., dan D.I. Sariartuti. 2005. Studi Efektifitas Sediaan Gel Antiseptik Tangan Ekstrak Daun Sirih (Piper Betle Linn. ). Majalah Farmasi Indonesia. 17(6) : 163-169.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline