Lihat ke Halaman Asli

SISKA ARTATI

TERVERIFIKASI

Ibu rumah tangga, guru privat, dan penyuka buku

Mengenal Jenis dan Cara Pengolahan Bahan Kulit Asli

Diperbarui: 23 Juni 2021   11:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi gambar: https://haikiindonesia.com


Pembaca Kompasiana yang berbinar mata dengan senyum merekah menghias wajah! 

Semangat pagi!

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa produk fesyen berbahan kulit asli seperti sepatu, tas, dompet, ikat pinggang dan lain sebagianya, bisa terbuat dari berbagai jenis yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri, serta memiliki cara perawatan dan pemeliharaan yang berbeda satu sama lain.

Sehingga, penting bagi kita untuk mengetahui dan mengenal jenis kulit apa saja yang ada pada produk yang digunakan tersebut, cara membedakannya dan cara perawatan dari jenisnya.

Tulisan kali ini mengambil contoh tentang produk sepatu kulit, yang mana ilmu mengenai jenis dan cara pengolahan bahan kulit asli, saya rangkumkan dari penjelasan Adrianto Priyo Sambodo melalui pembelajaran daring - biasa disapa Mas Dodo, pemilik The Cobbler Shoe Care and Repair Service, pengusaha yang bergerak di bidang jasa perawatan perbaikan sepatu di Yogyakarta.

Secara umum, kulit yang digunakan dalam berbagai produk fesyen seperti, tas, sepatu, jaket, dompet dan lain sebagainya, bisa dibagi dari sumber keasliannya. 

Pertama, Genuine (Authentic) Leather, yang merupakan bahan kulit asli dari hewan. Kedua, Synthetic Leather, yang merupakan bahan kulit sintetis, bukan dari kulit hewan. Bisa dari pengolahan bahan kimia ataupun dari karet (rubber). Ketiga, Faux Leather, merupakan bahan kulit sintetis yang mengandung campuran dari kulit asli (genuine) dan sintetis, namun komposisinya lebih didominasi oleh bahan sintetis daripada kulit asli. Biasanya berkisar 70 - 80 persen kulit sintetis dan 20 - 30 persen kulit hewan. Jenis ketiga ini sering kita jumpai pada produk dompet, passport holder (tempat penyimpanan passport), atau card holder (tempat penyimpanan kartu nama).


Kulit Asli (Genuine Leather)

Banyak sekali produsen sepatu dan dompet yang menggunakan kulit asli pada produknya. Kita sebagai konsumen, terkadang masih belum sepenuhnya mengenali dan membedakan mana produk kulit asli dan kulit sintetis. 

Sebelum mengidentifikas lebih jauh tentang kedua jenis bahan ini, mari kita telusuri jenis dan bahan kulit asli yang biasa digunakan di berbagai tempat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline