Lihat ke Halaman Asli

Makna Dalihan Natolu di Halak Batak

Diperbarui: 30 Agustus 2023   02:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Sumber dari Gobatak.com)

Dalihan Na Tolu di halak batak merupakan suatu falsafah hidup dalam sistem kekerabatan antara sesama karena persaudaraan. Dalihan Na Tolu berarti tungku yang berkaki tiga. 

Dalihan Na Tolu merupakan kerangka hubungan tripartit karena hubungan darah dan perkawinan. Sebagaimana diketahui Dalihan Na Tolu di halak batak merupakan tiga kedudukan dengan fungsinya masing masing dan membentuk masyarakat sosial yang berdasarkan tata hukum adat.

Berdasarkan Perda No 10 tahun 1990 tentang Lembaga Adat Dalihan Na Tolu yang merupakan sebuah bentuk musyawarah yang diatur oleh para penatua adat yang faham dan menguasai serta menghayati adat istiadat dalam lingkungan masyarakat batak. 

Dalihan Na Tolu menggambarkan tiga dasar kerangka masyarakat batak berikut ini:

1. Somba marhula hula artinya menghormati keluarga hula hula yaitu keluarga dari istri. Hal ini tentunya berkaiatan dengan keberkahan dan keturunan. Dalam acara adat biasanya hula hula merupakan raja adat dan penentu kesepakatan adat dengan anak boruna.

2. Elek Marboru artinya rasa sayang tanpa pamrih kepada boru yaitu keluarga anak boru yang menjadi hela / babere. Hal ini tentunya berkaitan dengan sifat kelembutan pihak hula hula tu anak boruna karena mereka yang rela membantu dalam semua pekerjaan khususnya dalam acara adat.

4. Manat mardongan tubu artinya marsipangapon atau saling menghormati dengan dasar kaidah moral yang berlaku. Tentunya dalam hal ini dengan tujuan saling menghargai satu sama lain dan  saling membantu dalam tatatan sosial. 

Dengan adanya Dalihan Na Tolu tatanan adat di halak batak terasa damai dan muncullah rasa sosial antara sesama.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline