Lihat ke Halaman Asli

Shinta Larasati Supadi

Translator, writer

Serba Serbi Jerawat

Diperbarui: 2 Januari 2023   14:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Memiliki kulit wajah yang mulus dan tanpa jerawat adalah impian sebagian besar orang. Salah satu problematika kulit yang paling sering terjadi, dan dapat dialami oleh siapa saja adalah jerawat.

 

Permasalahannya, banyak orang telah mencoba berbagai cara dan jenis obat untuk mengobati jerawat. Ada yang berhasil, namun lebih banyak yang gagal. 

Karena jerawat, ketika produksinya berlebih, akan sulit diobati. Sehingga akan menimbulkan efek buruk pada psikologis seseorang karena wajah tidak lagi mulus, merusak penampilan, serta mempengaruhi rasa percaya diri seseorang.

Beragam hal yang berhubungan dengan jerawat, mulai dari sebab, akibat, cara mengatasinya, bahkan mitos yang beredar akan kita bahas di sini. Yuk, disimak sama-sama!

Definisi dan Penyebab Timbulnya Jerawat

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai jerawat, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu definisi dari jerawat.

Jerawat adalah salah satu masalah yang terjadi akibat penyumbatan di permukaan pori--pori kulit.

Normalnya, kulit akan mengeluarkan sebum, dan meluruhkan sel-sel kulit mati setiap hari. Maka dari itu, sel kulit mati dan sebum harus dibersihkan setiap hari. 

Bila tidak dibersihkan, maka sel kulit mati dan sebum tersebut akan berkumpul dan menyumbat pori-pori. Penyumbatan inilah yang menjadi proses awal pembentukan jerawat.

Selain kebersihan kulit yang harus selalu dijaga, ada faktor-faktor lain juga yang perlu Anda ketahui, yang menjadi pemicu meningkatkan risiko seseorang mengalami timbulnya jerawat, yaitu diantaranya:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline