Lihat ke Halaman Asli

Silva Nurhalisa

Mahasiswa/Universitas Negeri Malang/Content Writer

Miliki Potensi Berwirausaha, KKN IAIN Kediri Gelar Pelatihan Pemasaran Online di Sumberejo

Diperbarui: 6 Agustus 2023   08:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelatihan Pemasaran Produk Online-Dokumen Pribadi

Kediri -- Melihat adanya potensi usaha yang menguntungkan, Mahasiswa KKN IAIN Kediri gelar pelatihan pemasaran online untuk sejumlah UMKM di Desa Sumberejo. Pelatihan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Sumberejo, pada Sabtu (29/07).

Pelatihan pemasaran online merupakan salah satu program kerja dari mahasiswa KKN IAIN Kediri kelompok 30. Program kerja ini bertujuan untuk memberikan peluang kepada pelaku usaha untuk memperluas ruang usahanya, selain itu juga membantu meningkatkan perekonomian warga setempat.

Materi pelatihan pemasaran online disampaikan oleh Dr. Prima Ayu Rizqi Mahanani, M. Si., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 30 KKN IAIN Kediri, kemudian dilanjutkan praktik untuk memberikan gambaran secara nyata kepada seluruh pelaku usaha yang dipandu oleh Nur Laili Zakiyah Ahmad.

Peserta pelatihan ini tidak terbatas pada pelaku UMKM Desa Sumberejo saja, tetapi juga turut diikuti oleh ibu-ibu PKK yang aktif di Desa Sumberejo.

Pada awal materi, ibu Prima menyampaikan alasan mengapa pelaku UMKM sebaiknya mencoba memasarkan produknya secara online.

Penjelasan Materi Oleh Ibu Prima-Dokumen Pribadi

"Karena kalau online itu kan kita menaruh foto produk, informasi produk, kemudian kontak wa kita. Jadi, kalau ada yang tertarik dengan produk kita bisa langsung menghubungi melalui nomor itu" jelas Bu Prima.

Menurut Bu Prima memasarkan produk secara online lebih efisien dilakukan oleh ibu-ibu yang memiliki pekerjaan rumah tangga. Adanya platform digital juga sangat membantu ibu rumah tangga untuk lebih produktif, meski di rumah saja.

"Ada beberapa platform digital yang bisa digunakan sebagai wadah memasarkan produk, seperti Instagram, Facebook, E-commerce, Youtube, TikTok dan Whatsapp Business" tambah Bu Prima.

Lebih lanjut, para peserta pelatihan dipandu untuk memanfaatkan platform-platform tersebut sebagai media pemasaran online. Dimana pemasaran online tergantung pada betapa menariknya konten yang disajikan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline