Lihat ke Halaman Asli

Sigit Budi

TERVERIFIKASI

Blogger ajah

Pariwisata Nasional Sedang Cantik-cantiknya

Diperbarui: 17 Desember 2017   17:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wonderful Indonesia, tagline wisata Indonesia

Sejak Kementerian Pariwisata dipegang oleh Menteri Arief Yahya,tingkat pertumbuhan kepariwisatan nasional melesat tinggi. Bahkan melampaui Singapura, Malaysia dan Korea Selatan yang lebih dulu sukses menarik turis asing ke negaranya.

Apa kunci keberhasilan Arief Yahya mendongkrak kepariwisataan nasional ? Dalam acara seminar yang diselenggarakan Majalah Indo Telco(14/12/2017), Menpar Arief Yahya memaparkan banyak perkembangan kepariwisataan nasional. Berikut 3 kunci sukesnya :

1. Memasukan Pariwisata ke 5 Sektor Prioritas Pembangunan Nasional

Menteri Pariwisata, Arief Yahya  menceritakan pihaknya  berhasil meyakinkan Presiden dan pemerintah bahwa  core bussines Indonesia adalah Pariwisata. Kemudian Bappenas dan kementerian lain mendukung Pariwisata sebagai sektor unggulan nasional. Pemerintah dalam 3 tahun terakhir ini setiap tahun  menempatkan Pariwisata sebagai prioritas selain 5 sektor lainnya yakni Maritim, Pangan, Energi dan Kawasan Industri & KEK.

"Kalau Pariwisata tidak masuk dalam sektor prioritas masional lebih baik saya mundur', ujarnya.

Alasan  Menpar ini masuk akal, sektor pariwisata tidak bisa berjalan sendiri, di dalamnya melibatkan infrastruktur, transportasi, akomodasi, Pemda, pengusaha,  komunitas seni -budaya. Tanpa kolaborasi yang harmonis antar lembaga dan pihak terkait lainnya mustahil bisa pariwisata kita bisa sukses seperti sekarang. 

2. Branding Pariwisata

Kemenpar melakukan promosi pariwisata  besar - besar ke berbagai negara - negara potensial asal calon wisatawan baik lewat pameran, media internasional,  lokal negara tersebut dan media sosial lewat tagline#wonderfullindonesia

Pekerjaan ini tak sia - sia, di forum - forum pariwisata internasional, branding kita mendapatkan apresiasi. UN WTO menganugerahi Video Promosi Wonderfull Indonesia sebagai "People Choice Award" dan "Winner East Asia & Pacific Region". Di forum TTG Travel Awards 2017 meraih gelar "Destination of the year 2017".

3. Media Sosial

Strategi bisnis pariwisata + digital adalah sarana Kemenpar memperluas cakupan promosi dan mengirimkan pesan secara personal. Strategi ini mengusung satu lini dengan publikasi yakni mengusung tema dengan hastag#wonderfullindonesia

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline