Mohon tunggu...
Sigit Budi
Sigit Budi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Blogger ajah

blogger @ sigitbud.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Pariwisata Nasional Sedang Cantik-cantiknya

17 Desember 2017   17:38 Diperbarui: 17 Desember 2017   17:58 1039
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Wonderful Indonesia, tagline wisata Indonesia

Sejak Kementerian Pariwisata dipegang oleh Menteri Arief Yahya,tingkat pertumbuhan kepariwisatan nasional melesat tinggi. Bahkan melampaui Singapura, Malaysia dan Korea Selatan yang lebih dulu sukses menarik turis asing ke negaranya.

Apa kunci keberhasilan Arief Yahya mendongkrak kepariwisataan nasional ? Dalam acara seminar yang diselenggarakan Majalah Indo Telco(14/12/2017), Menpar Arief Yahya memaparkan banyak perkembangan kepariwisataan nasional. Berikut 3 kunci sukesnya :

1. Memasukan Pariwisata ke 5 Sektor Prioritas Pembangunan Nasional

Menteri Pariwisata, Arief Yahya  menceritakan pihaknya  berhasil meyakinkan Presiden dan pemerintah bahwa  core bussines Indonesia adalah Pariwisata. Kemudian Bappenas dan kementerian lain mendukung Pariwisata sebagai sektor unggulan nasional. Pemerintah dalam 3 tahun terakhir ini setiap tahun  menempatkan Pariwisata sebagai prioritas selain 5 sektor lainnya yakni Maritim, Pangan, Energi dan Kawasan Industri & KEK.

"Kalau Pariwisata tidak masuk dalam sektor prioritas masional lebih baik saya mundur', ujarnya.

Alasan  Menpar ini masuk akal, sektor pariwisata tidak bisa berjalan sendiri, di dalamnya melibatkan infrastruktur, transportasi, akomodasi, Pemda, pengusaha,  komunitas seni -budaya. Tanpa kolaborasi yang harmonis antar lembaga dan pihak terkait lainnya mustahil bisa pariwisata kita bisa sukses seperti sekarang. 

2. Branding Pariwisata

Kemenpar melakukan promosi pariwisata  besar - besar ke berbagai negara - negara potensial asal calon wisatawan baik lewat pameran, media internasional,  lokal negara tersebut dan media sosial lewat tagline#wonderfullindonesia. 

Pekerjaan ini tak sia - sia, di forum - forum pariwisata internasional, branding kita mendapatkan apresiasi. UN WTO menganugerahi Video Promosi Wonderfull Indonesia sebagai "People Choice Award" dan "Winner East Asia & Pacific Region". Di forum TTG Travel Awards 2017 meraih gelar "Destination of the year 2017".

3. Media Sosial

Strategi bisnis pariwisata + digital adalah sarana Kemenpar memperluas cakupan promosi dan mengirimkan pesan secara personal. Strategi ini mengusung satu lini dengan publikasi yakni mengusung tema dengan hastag#wonderfullindonesia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun