Lihat ke Halaman Asli

Sigit Eka Pribadi

TERVERIFIKASI

#Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#

Rekan Kamu Promosi Jabatan Duluan, "Pasti Ada Orang Dalam", Benarkah?

Diperbarui: 14 September 2020   08:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi gambar via Hoopla.net

Rekan Kamu Promosi Jabatan Duluan, "Pasti Ada Orang Dalam", Benarkah?

Loh kok dia duluan sih yang promosi jabatan, kenapa kok bukan saya yang dipromosikan yah, wah ada yang nggak beres nih, pasti dia main belakang, pasti dia ada orang dalam, pasti karena dia deket sama boss, ah ngga bener nih kantor, nggak bener nih boss?

Ya, mungkin hal ini pernah kamu alami, ketika ada rekan kerja kamu yang mendapat promosi duluan, dan bahkan kamu merasa seharusnya kamu yang berhak dipromosikan duluan bukan rekan kamu, sehingga kamu jadi menduga-duga, ada permainan berkaitan dengan dipromosikannya rekan kerja kamu tersebut.

Nah, apa benar yang menjadi dugaan kamu itu, dan apakah kamu sudah yakin, kalau kamu yang seharusnya layak dipromosikan duluan bukannya rekan kerja kamu?

Ya, mengenai hal ini sangatlah perlu diresapi dengan kedalaman pemikiran, sehingga kamu dapat memaklumi dan memahaminya, kenapa yang terjadi ternyata di luar dari perkiraan kamu, sekaligus juga jadi bahan evaluasi dan instrospeksi kedalam diri kamu.

Yang jelas, jauhkan dulu dugaan kamu soal adanya  main belakang dan orang dalam terkait dipromosikannya rekan kerja kamu, berpikir saja positif, sebab dengan berpikir positif ini, justru kamu bisa lebih dewasa menyikapinya dan bisa berguna untuk mendorong motivasi kamu, agar kedepannya kamu lebih optimal lagi dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas diri.

Nah, sebagai referensi berkaitan dengan kenapa kok bisa rekan kerja kamu yang duluan promosi, maka semoga apa yang penulis bagikan ini dapat bermanfaat.

Pada umumnya, yang menjadi tolok ukur pelaksanaan penilaian kompetensi karyawan, sesuai proses bertumbuhkembangnya atau pengabdiannya di kantor, maka dapat ditinjau dari berbagai hal berikut ini;

Aspek pengetahuan dan keterampilan, aspek sikap, perilaku dan karakter, aspek minat, motivasi dan antusias, serta aspek potensi dan bakat.

Nah, sudahkah kamu memenuhinya semua, sudahkah kamu lebih diatas rata-rata rekan kerja kamu yang lainnya?

Jadi kamu harus jujur pada diri terlebih dahulu, kalau kamu masih ada yang merasa tertinggal dan ada yang kurang optimal, maka di sinilah dibutuhkanya kesadaran dari diri, sehingga kamu harus meningkatkannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline