Lihat ke Halaman Asli

Tips Sederhana Menguasai Listening Skill

Diperbarui: 1 Desember 2015   11:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bagi siswa-siswi SMK yang akan menghadapi Ujian Nasional 2016, ada diantara mereka yang mendapati bahwa Listening section merupakan bagian yang sangat sulit. Hal ini dikarenakan mereka tidak terbiasa dengan mendengarkan spoken language. Mereka hanya mampu mendengarkan beberapa soal sebelum akhirnya mereka merasa bingung dan mulai blank.

Bila kalian, siswa-siswi SMK, menghadapi hal yang sama, maka ada baiknya untuk menonton video di atas. Video singkat di atas memberikan tips singkat untuk menguasai listening. Dengan 4 tips singkat yang diberikan, siswa dapat secara perlahan memperbaiki penguasaan listening Bahasa Inggris.

4 Tips sederhana menguasai Listening Skill adalah sebagai berikut:

  1. Don’t think, just listen! Ini sangat membantu bagi siswa-siswi yang baru belajar. Mereka tidak perlu memikirkan semua kata yang diucapkan oleh speaker. Mulai biasakan dengan hanya mendengarkan.
  2. Ask questions! Listening section mencakup 4 aspek, salah satunya adalah short talk. Di sini, siswa dituntut untuk memahami pidato pendek mengenai pengumuman atau pun deskripsi. Karena agak panjang, untuk memahaminya mereka perlu membuat chunks. Chunks adalah bagian-bagian kecil yang berkaitan dengan teks lisan yang dapat berupa pertanyaan. Mereka dapat membuat pertanyaan-pertanyaan kecil dari apa yang telah mereka pahami, meskipun itu hal yang sedikit.
  3. Home practice! Siswa-siswi SMK, apa lagi yang telah kelas XII, tidak akan cukup waktu untuk memahami listening section hanya pada jam pelajaran saja. Mereka perlu untuk berlatih di rumah, bisa menggunakan film berbahasa Inggris. Mereka bisa menghilangkan subtitle dan berlatih untuk mendengarkan Bahasa Inggris.
  4. Close your eyes! Mengapa saat berlatih mendengarkan, ada baiknya mereka untuk menutup mata? Hal ini dikarenakan bahwa dengan menutup mata, mereka bisa mendengarkan dengan lebih baik.

Itulah tips sederhana yang dapat dilakukan siswa untuk bisa lebih baik menguasai Listening Section pada Ujian Nasional 2016.

Sumber: dipoenglish.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline