Lihat ke Halaman Asli

Seli AmeliaPutri

Mahasiswa UIN SUNAN KALIJAGA NIM 21107030020

Bukber Ramadhan, Perkuat Silaturahmi di Era Pandemi

Diperbarui: 8 April 2022   17:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Buka bersama/bukber di halaman Masjid Al-Qomar (dokpri)

Bulan Ramadhan memang menjadi bulan yang sakral bagi umat muslim, dimana ini adalah waktu yang tepat untuk kita bisa lebih meningkatkan kualitas serta kuantitas ibadah kita. Bulan ini juga merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat islam di dunia, khususnya bagi masyarakat muslim di Indonesia. 

dan juga salah satu kebiasaan menarik yang sudah sering dilakukan dalam menjalankan ibadah puasa pada bulan ini yaitu Buka bersama atau yang biasa disebut dengan Bukber.

Alih-alih bukber ini sudah sangat identik serta menjadi tradisi pada setiap bulan Ramadhan. Momentum buka bersama memang menjadi momen yang tepat untuk kita menjalin silaturahmi, berkumpul kembali bersama keluarga besar atau bahkan bersama kawan-kawan lama. 

Bahkan para pengurus-pengurus masjid juga mengadakan kegiatan buka bersama atau bukber  pada bulan suci ramadhan ini.

Seperti kita ketahui, Masjid di sejumlah daerah termasuk di Daerah Istimewa Yogyakarta banyak yang menyediakan menu berbuka puasa ataupun takjil bagi para jamaahnya. Salah satunya yakni masjid Al-Qomar yang terletak di Jl. Nogomudo RT03/02 Gowok, Caturtunggal, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 Para pengurus masjid Al-Qomar ini tak lupa menggelar bukber atau buka bersama secara gratis yang dibuka untuk umum yang kemudian dilanjutkan sholat maghrib berjamaah selepas membatalkan puasa dan juga makan bersama. Kegiatan bukber ini banyak diikuti oleh para jamaah masjid mulai dari anak-anak, orangtua dan juga para mahasiswa kos sekitar masjid tersebut.

Para pengurus biasanya membagi-bagikan kotak makanan dengan menu lauk yang berbeda setiap harinya kepada para jamaah masjid yang datang dan para jamaah langsung dipersilahkan duduk berkumpul di depan masjid di tempat yang sudah dipersiapkan sebaik mungkin oleh para pengurus sambil menunggu datangnya adzan maghrib. 

Sebelum acara bukber dimulai, para pengurus biasanya menyapu halaman masjid terlebih dahulu, mereka menggelar tikar serta menyiapkan meja serta kursi. Dan ketika adzan maghrib dikumandangkan, masyarakat yang hadir dalam kegiatan bukber ini langsung menyantap makanan mereka.

(dokpri)

suasana saat bukber (dokpri)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline