Lihat ke Halaman Asli

Ajakan PTPN Group untuk Masyarakat: Sadar dan Deteksi Dini Hepatitis B

Diperbarui: 8 Oktober 2023   13:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Deteksi dini hepatitis B | Sumber: Kompas.tv

Dalam rangka Pekan Hepatitis B, PT Sri Pamela Medika Nusantara sebagai anak perusahaan Holding PTPN III (Persero) yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan/rumah sakit, menghimbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap risiko, gejala dan tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengobati penyakit hepatitis B.

Hepatitis B merupakan penyakit hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B (HBV). Diketahui, virus tersebut mampu menyebabkan penyakit hepatitis yang dapat menjadi masalah kesehatan serius jika tidak ditangani dengan baik. Virus HBV dapat menyebar melalui darah, cairan tubuh lain, atau melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi.

Seorang ibu yang terinfeksi HBV juga diketahui dapat menularkan penyakit tersebut kepada anaknya selama proses persalinan. Adapun risiko tertinggi tertular hepatitis B adalah orang yang kontak erat dengan orang sakit, petugas kesehatan yang berisiko terpapar darah, serta seseorang yang sering berganti pasangan seksual.

Merasa lelah berlebihan, nyeri atau rasa tidak nyaman di bagian perut atas, munculnya penyakit kuning pada mata dan kulit, hingga kehilangan nafsu makan adalah beberapa gejala yang dapat muncul pada pengidap penyakit hepatitis B. Demam, urine berwarna gelap dan feses berwarna pucat juga merupakan gejala lain dalam penyakit hepatitis B.

Penyakit hepatitis B dapat dicegah melalui vaksinasi hepatitis B. Sementara untuk mengetahui diagnosis virus hepatitis B pada tubuh, masyarakat dapat melakukan pemeriksaan Hepatitis B surface antigen atau tes HBsAg yaitu dengan cara tes darah untuk mendeteksi antigen permukaan virus hepatitis B. Prosedur pemeriksaan ini bertujuan untuk mendiagnosis serta melakukan deteksi dini penyakit hepatitis B yang dapat menyebabkan peradangan pada organ hati.

Pemeriksan hepatitis B harus di lakukan dengan benar dan ditangani oleh Dokter atau nakes yang berkompeten. PT Sri Pamela Medika Nusantara merekomendasikan pemeriksaan Hepatitis B di Rumah Sakit Unit PT Sri Pamela Medika Nusantara yang tersebar dibeberapa kabupaten/kota Sumatera Utara seperti, RSU Sri Pamela Tebing Tinggi, RSU Sri Pamela Sei Dadap, RSU Sri Pamela Torgamba, dan RSU Sri Pamela Membang Muda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline