Lihat ke Halaman Asli

Sekar Ayu

Manusia Kecil Berharap Bisa Bermanfaat Besar.

Tips Mempersiapkan Pernikahan di Masa Pandemi

Diperbarui: 13 Agustus 2021   16:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Love. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Prostooleh

Ditengah kondisi pandemi saat ini yang ntah kapan berlalunya, tentu banyak hal-hal yang berubah termasuk dengan konsep pernikahan saat ini yang memilih Intimate Wedding. 

Banyak keuntungan dari mengadakan acara pernikahan dengan konsep Intimate Wedding, seperti menghemat pengeluaran, menghemat waktu sampai menghemat jumlah undangan. 

Tapi kenyataanya pada praktiknya mempersiapkan pernikahan dengan konsep acara Intimate Wedding pun tidak semudah yang dibayangkan. Saat pernikahan menjadi acara besar dua keluarga, tentu akan banyak saran masukan dari kedua belah pihak keluarga yang akan membuat pusing kedua mempelai. 

Huft.. tapi itu lah seninya dari mempersiapkan pernikahan. Mari kita bahas terlebih dahulu tips untuk mempersiapakan pernikahan di masa pandemi menurut pengalaman pribadi saya. 

1. Tentukan berapa biaya yang akan kalian keluarkan

Biaya ini penting sekali ditentukan sejak awal supaya kalian bisa mengatur lebih baik pos-pos pengeluaran. Misalnya, kamu dan pasangan ada tabungan 50 juta, uang itu sisihkan 10 juta untuk biaya kalian setelah menikah, dan 10 jt untuk kalian lamaran  jika ingin mengadakan lamaran yang konsepnya lebih besar yaa. 

Uang dari orang tua kalian tidak usah dihitung dulu anggap itu sebagai bonus saja, takutnya kita terlalu banyak berharap ternyata tidak sesuai malah jadinya sedih kan, sisa 30 juta itu yang baru kalian gunakan untuk biaya pernikahan. 

Sudah banyak sekali Wedding Organizer yang menawarkan paket akad saja dengan jumlah undangan 50 orang dan all in.

2. Tentukan berapa biaya tambahan yang akan kalian keluarkan

Nah biaya tambahan ini diluar biaya tak terduga ya, biaya tambahan itu masuknya apa aja sih? contohya untuk administrasi KUA, Chek Pra Nikah, Prewedding, Streaming Youtube, Undangan digital, Souvenir, Seragam Keluarga dll. 

Biaya tambahan ini harus kalian tentukan agar saat pelaksanaanya kalian tidak lewat dari estimasi biaya yang ada. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline