Lihat ke Halaman Asli

Manusia Banyak Maunya, Alloh SWT Banyak Jawabannya

Diperbarui: 21 November 2016   12:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(sumber gambar: http://shellasyakhfiani.blogspot.co.id/)

Aktivitas kita sehari-hari terkadang menyenangkan orang lain, tak jarang pula sering menyakiti perasaan orang tanpa sadar kita lakukan baik itu disengaja maupun tidak sengaja.

Apapun itu yang jelas menyinggung sensitivitasnya, dan terimakasih patut saya sampaikan kepada teman yang telah berbagi nasehat bermanfaat ini, semoga menjadi introspeksi diri kita semua.

Berikut beberapa percakapan/pertanyaan yang patut dijadikan bahan renungan. Ada beberapa pertanyaan begitu populer di kehidupan sehari dan perlu dijawab oleh kita sebagai khalifah di dunia fana ini:

“Apakah yang PALING TAJAM di dunia ini?” manusia pasti mejawab: “PEDANG, PISAU, SANGKUR, SAMURAI dll.”

Tidak demikian jawab Alloh SWT: Yang paling tajam adalah LIDAH MANUSIA kata Alloh SWT. Karena melalui lidah, manusia dengan mudah memfitnah orang, meyakiti hati, melukai perasaan orang, dan lain-lain.

Maka dari itu jaga dan pergunakan lidah dengan baik jangan digunakan untuk menyakiti orang lain. Tak mudah memang, sebab lidah tak bertulang. Pepatah mengatakan, “jika pedang melukai tubuh akan ada harapan untuk sembuh, jika lidah melukai hati kemana obat hendak dicari.”

Pertanyaan lain, berujar apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini? Ada yang menjawab: “ Antariksa, bulan matahari.”

Jawaban Tuhan: Yag paling jauh adalah “masa lalu.” Siapa pun kita bagaimana pun kita dan betapapun kayanya kita, tetap tidak bisa kembali ke masa lalu. Sebab itu kita harus menjaga hari ini dan hari-hari yang akan datang. Paling mendekati kenyataan adalah kematian.

Selanjutnya timbul pertanyaan apa yang paling besar di dunia ini? Ada yang menjawab : “GUNUNG, BUMI, MATAHARI.”

Jawab Tuhan: “Yang paling besar di dunia ini adalah NAFSU.”

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline