Lihat ke Halaman Asli

Panorama Alam Kelok Sembilan Nan Indah

Diperbarui: 1 Desember 2022   10:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dokumen Trip to Sumbar)

                                                                                                                 

Begitu indah alam Kelok Sembilan diadaptasi dari jalan berkelok-kelok yang melewati perbukitan di Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Sumatera Barat. Anda akan temukan perjalanan ini bila berangkat dari Pekanbaru Riau menuju Bukit Tinggi Sumatera Barat. Setiap orang yang melintasi jalan ini maka akan berhenti sejenak menikmati alam nan indah ini. Biasanya dihabiskan oleh para pengunjung untuk berfoto baik perorangan atau bersama keluarga. Keindahan alam Kelok Sembilan ini akan menghiasi wall paper HP atau WA sebagai tanda pernah mengunjungi tempat ini.

Memang jalur ini menjadi jalan utama pusat perekonomian masyarakat sekitar. Karena semakin tingginya mobilitas masyarakat, maka dibangunlah jalan Kelok Sembilan. Sebagai akses Sumatera Barat dan Riau itu, kini tidak hanya digunakan oleh warga Sumatera, namun juga bagi mereka yang mudik setiap setahun sekali. Seiring dengan berjalannya waktu, di sekitar Kelok Sembilan terdapat restoran yang memungkinkan para pengemudi untuk istirahat sejenak sambil menikmati pemandangan Bukit Barisan di sekitarnya. Dan secara tidak langsung akan menunjang kemajuan perekonomian masyarakat sekitar Kelok Sembilan.

Kini  jembatan Kelok Sembilan ini menjadi ikon wisata bagi daerah Sumatera Barat. Jembatan dengan lebar 13,5 meter dan ini menjadi sangat luas bagi kendaraan yang melewatinya. Bahkan saat ini disisi jembatan juga diberi ruang yang cukup luas, sehingga pengguna jalan bisa parkir kendaraan. Pada saat libur atau Hari Raya dan Tahun Baru maka jembatan Kelok Sembilan sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari daerah Sumatera Barat, Riau, Sumatera Utara atau bahkan dari luar pulau Sumatera.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline