Mohon tunggu...
Samsudin Simatupang
Samsudin Simatupang Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis kelahiran Palembang pada 13 nopember 1961. Saat ini menjadi anggota PPPSU ( Perkumpulan Penulis Pendidik Sumatera Utara ). Kegiatan sehari hari menulis artikel di Gurusiana Media Guru dan Kompasiana Indonesia, Pemerhati Kegiatan Sosial Kemasyarakatan.

Selanjutnya

Tutup

Trip

Panorama Alam Kelok Sembilan Nan Indah

1 Desember 2022   09:45 Diperbarui: 1 Desember 2022   10:11 178
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Dokumen Trip to Sumbar)

                                                                                                                 

Begitu indah alam Kelok Sembilan diadaptasi dari jalan berkelok-kelok yang melewati perbukitan di Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Sumatera Barat. Anda akan temukan perjalanan ini bila berangkat dari Pekanbaru Riau menuju Bukit Tinggi Sumatera Barat. Setiap orang yang melintasi jalan ini maka akan berhenti sejenak menikmati alam nan indah ini. Biasanya dihabiskan oleh para pengunjung untuk berfoto baik perorangan atau bersama keluarga. Keindahan alam Kelok Sembilan ini akan menghiasi wall paper HP atau WA sebagai tanda pernah mengunjungi tempat ini.

Memang jalur ini menjadi jalan utama pusat perekonomian masyarakat sekitar. Karena semakin tingginya mobilitas masyarakat, maka dibangunlah jalan Kelok Sembilan. Sebagai akses Sumatera Barat dan Riau itu, kini tidak hanya digunakan oleh warga Sumatera, namun juga bagi mereka yang mudik setiap setahun sekali. Seiring dengan berjalannya waktu, di sekitar Kelok Sembilan terdapat restoran yang memungkinkan para pengemudi untuk istirahat sejenak sambil menikmati pemandangan Bukit Barisan di sekitarnya. Dan secara tidak langsung akan menunjang kemajuan perekonomian masyarakat sekitar Kelok Sembilan.

Kini  jembatan Kelok Sembilan ini menjadi ikon wisata bagi daerah Sumatera Barat. Jembatan dengan lebar 13,5 meter dan ini menjadi sangat luas bagi kendaraan yang melewatinya. Bahkan saat ini disisi jembatan juga diberi ruang yang cukup luas, sehingga pengguna jalan bisa parkir kendaraan. Pada saat libur atau Hari Raya dan Tahun Baru maka jembatan Kelok Sembilan sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari daerah Sumatera Barat, Riau, Sumatera Utara atau bahkan dari luar pulau Sumatera.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun