Lihat ke Halaman Asli

Ronny Rachman Noor

TERVERIFIKASI

Geneticist

Sepak Bola Dunia (Sudah) Dikuasai oleh Soft Diplomacy Tiongkok

Diperbarui: 12 Juli 2021   17:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo: Getty Images

Ada yang tersisa dari Piala Eropa 2020 yang baru berakhir Senin (12/07/2021) dini hari WIB, yang mungkin terlewat dari penonton di seluruh dunia, yang menyaksikan baik secara langsung maupun melalui layar kaca.

Jika kita lebih jeli sedikit tampaknya ada yang berubah total dari suasana di stadiun Wembley yang merupakan stadiun kebanggaan sekaligus lagendaris Inggris ini yaitu suasana tayangan sponsor pertandingan yang menghiasi serunya pertandingan ini.

Jika biasanya stadiun kebanggaan ini di setiap pertandingan internasionalnya selalu ada iklan dari sponsor kelas beratnya seperti penerbangan Emirate dan perusahan raksasa Amerika seperti Facebook, Google, Amazon maupun Apple, kini tampaknya mulai sepi.

Zaman tampaknya sudah berubah karena sponsor dalam pertandingan internasional sepak bola kini telah bergeser ke perusahaan raksasa Tiongkok seperti HiSense, TikTok, Vivo dan Alipay.

Pesan sponsor dari perusahaan raksasa Tiongkok ini memang sangat dominan menghiasi pertandingan internasional di stadiun Wembley ini.

Jika kita tengok kembali, di tahun 2016 satu satunya sponsor dari perusahaan Tiongkok adalah HiSense saja, sedangkan perusahaan Tiongkok lainnya masih belum muncul. Catatan: HiSense dikenal sebagai perusahaan pembuat TV yang produknya memang sudah mendunia.

Mulai mendominasinya perusahaan Tiongkok di ajang sepak bola menandakan bahwa di era globalisasi seperti saat ini, kekuatan sponsor menjadi kunci utama.

Sebagai contoh TikTok yang sempat didiskriminasi oleh Amerika ketika di jaman Trump dan juga diikuti oleh negara lain di Eropa dan Australia termasuk Inggris karena dianggap mengancam data pribadi pengguna dan dikaitkan dengan kegiatan spying yang dilakukan oleh pemerintah Tiongkok ternyata tidak terbendung.

Dalam pertandingan yang bersejarah dan bergengsi tersebut TikTok muncul sebagai salah satu sponsor utama di stadium kebanggaan Inggris Wembley.

Bahkan TikTok ternyata telah bermitra dengan UEFA bukan hanya untuk turnamen ini dan tidak tanggung tanggung telah diberikan porsi promosi yang sangat besar termasuk efek augmented reality bermerek, TikTok live dan tantangan tagar.

UEFA bahkan meluncurkan akun turnamen resminya sendiri untuk acara tersebut dan diikuti oleh 4,2 juta orang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline