Lihat ke Halaman Asli

Peran Pria dalam Kehidupan Berumah Tangga

Diperbarui: 18 Maret 2024   21:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kesetaraan gender adalah hak dan tanggung jawab , kesetaraan gender ini untuk memberikan peran laki-laki dalam lingkungan keluarga. Dikarenakan biasanya di dalam rumah tangga yang paling dominan mengerjakan pekerjaan rumah tangga yaitu perempuan. 

Pembagian peran dan tugas antara suami istri dalam kehidupan rumah tangga cenderung memposisikan perempuan lah yang utama , hal ini dikarenakan banyak yang mengikuti perkembangan zaman dimana seorang laki-laki yang bekerja dan perempuan mengurus pekerjaan rumah. Inilah menimbulkan ketidakadilan gender bagi laki-laki. Padahal laki-laki juga memiliki posisi  setara . 

Hal ini terjadi bukan hanya di lingkungan perkotaan saja, namun di daerah pendesaan juga. Dan seharusnya peran pria disini harus adil, tidak hanya seorang perempuan saja yang mengurus rumah tangga tetapi seorang laki-laki juga memiliki kewajiban. Jika hal ini terlaksana maka bisa memberikan dampak positif terhadap keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi serta keseteraan gender di rumah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline