Lihat ke Halaman Asli

Risaatul Lailiyah

Guru TK di TK Bina Anaprasa I Sidoarjo

Meningkatkan Ide Kreatif Anak Melalui Bahan Bekas di TK Bina Anaprasa I Sidoarjo

Diperbarui: 9 Desember 2022   22:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

LK 3.1 Menyusun Best Practices


Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi : TK BINA ANAPRASA I SIDOARJO

Lingkup Pendidikan : PAUD

Tujuan yang ingin dicapai : Dengan menggunakan berbagai bahan bekas dapat meningkatkan ide kreatif anak  

Penulis: Risaatul Lailiyah, S. Pd.

Tanggal : PPL AKSI  : 31 Oktober 2022 dan PPL AKSI perbaikan : 2 November 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

  • Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:
  • Motivasi belajar anak yang kurang maksimal
  • Media yang digunakan kurang menarik
  • Bahan yang digunakan kurang variatif
  • Pembelajaran belum berbasis PBL dan PjBL
  • mengapa praktik ini penting untuk dibagikan:
  • Supaya ada perubahan dalam pembelajaran khususnya di TK Bina Anaprasa I Sidoarjo
  • apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini:
  • saya berperan menjadi pendidik, yang melaksanakan tugas mengajar dengan memiliki tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Saya mengawali kegiatan merancang perangkat pembelajaran berdasarkan:
  • karakteristik anak dalam belajar
  • materi pembelajaran yang akan disampaikan
  • penggunaan sumber belajar
  • penggunaan media pembelajaran yang inovatif
  • model pembelajaran (PBL/PjBL) yang akan digunakan sesuai dengan materi pembelajaran

      Project Based Learning adalah sebuah metode pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Metode ini menuntut siswa untuk dapat melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline