Lihat ke Halaman Asli

Pembelajaran Musik Anak SD Sangat Penting

Diperbarui: 26 Juni 2015   09:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sebagaimana telah saya tulis pada tulisan saya yang pertama bahwa seni merupakan anugrah Tuhan yang patut untuk disyukuri dan oleh karena itu perlu dikembangkan demi kesejahteraan bersama.

Seni memiliki peran mengisi kehidupan manusia dengan kesejahteraan yang bersifat-spiritual, oleh karena itu seni sangat penting untuk di ajarkan sejak dini kepada anak-anak. Dengan ini anak-anak diharapkan akan menjadi insan yang kreatif yang mampu untuk mengekspresikan dirinya, serta dapat memberikan kesejahtaraan bagi dirinya.

Seni sebagai ujud keindahan memiliki peran :

1.Pemenuhan Kebutuhan; Seni diciptakan karena kebutuhan dan keberadaan kemanusian yang digunakan sebagai saluran. Manusia secara sadar dan tidak sadar memiliki potensi mendasar untuk melakukan penyaluran ide gagasan, dan gerak hatinya melalui aktivitas seni.

2.Terapi; Dengan berlaku, mencipta, berkarya, atau menikmati seni manusia dapat menghibur diri, melepaskan diri dari tekanan-tekanan dalam batinnyasehingga jiwanya terpuasi. Tekanan (stres) dan kecemasan merupakan kondisi yang dialami manusia dalam aktivitas keseharian, mereka membutuhkan perbedaan tekanan dan kecemasan, maka mereka ingin kembali pada satu saluran fundamental (seni).

3.Ungkapan atau Ekspresi;. Seni merupakan wahana yang dapat digunakan yang pertama dan utama dari upaya pemunculan atau perwujudan (media ungkap).

4.Komunikasi; Seni digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan yang ingin diungkapkan.

Tahap perkembangan seni anak:

a.Tingkat Manipulatif ( eksplorasi ); pada tahap ini anak memerlukan berbagai alat bantu atau bahan ekspresi, seperti mencoret-coret, meremas-remas, mempijit dan sebagainya.

b.Tingkat Simbolik; Fase simbolik ini merupakan fase perkembangan ekspresi dimana mereka menghasilkan gambar-gambar/ bentuk-bentuk tertentu yang bagi anak merupakan lambang-lambang dari penghayatannya.

c.Tingkat dapat dikenal; pada tingkat ini umumnya anak telah berhasil menciptakan bentuk-bentuk yang dapat dikenal (5 – 7 tahun).

Seni memiliki peran sebagai ungkap kreatif yang digunakan sebagai dasar pengembangan kegiatan (khususnya pada anak usia 2 – 7 tahun) melalui aktifitas bermain (play group) dan taman pengembangan selanjutnya (sekolah dasar).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline