Lihat ke Halaman Asli

Rina Adityana

Guru Sejarah SMA Tarakanita 2 Jakarta/ Wakil Kurikulum SMA Tarakanita 2/ Kepala Sekolah SMA Tarakanita 2/ Staf Devisi Pendidikan Yayasan Tarakanita Wilayah Jawa Tengah

Infomo: Solusi Periklanan Pemasaran Produk UMKM "SPIXMA"

Diperbarui: 3 Desember 2022   23:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"SPIXMA" unit produksi SMK Pius X (Doc. Pribadi)

SMK Pius X Magelang, merupakan sekolah menengah kejuruan dengan 2 jurusan bidang keahlian yaitu tata boga (kuliner) dan tata busana (fashion). Sebagai sekolah kejuruan diharapkan pada akhirnya mampu menghasilkan lulusan yang siap untuk membuka lapangan usaha baru. 

Salah satu mata pelajaran yang berhubungan dengan kesiapan siswa dalam dunia usaha adalah kewirausahaan, selain itu para siswa di tutut untuk praktek kerja lapangan di unit-unit usaha yang sesuai bidang mereka.

Seiring dengan kebutuhan tersebut SMK Pius X melengkapi kebutuhan siswa dengan bengel anak-anak praktek. Mengawali membuat usaha kecil-kecilan yaitu membuat makanan hasil belajar praktek, kemudian berkembang dengan membuat berbagai macam snack untuk kebutuhan berbagai acara dan kegiatan intern.

Semakin lama usaha tersebut semakin berkembang hingga akhirnya memiliki unit produksi yang setiap hari membuat menu makan berat, snack basah, roti, bahkan hingga kue kering. Unit produksi ini merintis menjadi UMKM dengan nama "SPIXMA".

Proses Finishing Kue Basah dan Kue Kering (Doc. Pribadi)

UMKM "SPIXMA" yang berada di Magelang selama ini hanya memasarkan produksi dan mengenalkan pada masayarakat luas sekedar menggunakan cara tradisional yaitu dari info satu orang ke orang lain, share lewat WhatsApp, posting di social media seperti Instagram dan facebook. Dengan media promosi yang sangat sederhana dan tampak kurang profesional karena kurangnya pengelolaan, tentu saja hasilnya tidak terlalu maksimal baik mengenai bagaimana produk-produk makanan dapat dikenal secara luas serta permintaan dari pelanggan. 

Keterbatasan finansial pasti menjadi salah satu kendalanya, ditambah kurangnya sumber daya yang mampu mengelola marketing, pembelajan, penjualan/ pemasaran, hingga pengelolaan keuangan, dan yang paling penting adalah untuk mendapatkan suntikan modal usaha guna memperluas jangkauan pemasaran. 

"SPIXMA" yang awalnya hanya memenuhi kebutuhan intern sekolah, perlahan karena pandemi justru memberi peluang untuk membuka usaha catering memenuhi kebutuhan seluruh karyawan Yayasan Tarakanita di Kota Magelang sekitar 150 porsi setiap harinya selain untuk kebutuhan makan juga termasuk snack.

Salah satu rumah sakit di kota Magelang yaitu RS Harapan juga menjadi salah satu custumer tetap, dimana setiap hari "SPIXMA" harus memenuhi kebutuhan snack. "SPIXMA" juga membuka pelayanan kantin untuk SD Tarakanita Magelang, SMP Tarakanita Magelang, SMA Tarakanita Magelang, dan pastinya untuk SMK Pius X Magelang sendiri. Belum lagi permintaan-permintaan tertentu untuk acara khusus di Gereja ataupun kegiatan-kegiatan besar lainnya.

Salah Satu promosi "SPIXMA" (Doc. SMK Pius X)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline