Lihat ke Halaman Asli

KKN UPI: Pelatihan Guru dalam Memanfaatkan Aplikasi Telekonferensi

Diperbarui: 27 Juli 2021   13:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

tangkapan layar

Melalui LPPM, Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) meski dalam kondisi pandemi ini. Karena kasus positif COVID-19 di Indonesia terus meningkat, pelaksanaan KKN dilakukan secara daring. Dengan tema "Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi (MDBPE)", mahasiswa UPI dapat melaksanakan KKN di bidang ekonomi atau pendidikan. 

Bertempat di SDN 189 Neglasari Bandung, salah satu mahasiswa melaksanakan KKN di bidang pendidikan. KKN tersebut dilakukan dengan memberi pelatihan kepada guru dalam memanfaatkan aplikasi telekonferensi. Guru diajari cara penggunaan aplikasi Zoom dan Google Meet, seperti fungsi pada tombol-tombol, fitur yang tersedia, dan lain-lain. 

Pandemi memaksa sekolah menyelenggarakan pembelajan secara daring. Hingga saat ini, guru-guru di SDN 189 Neglasari masih memanfaatkan aplikasi obrolan seperti WhatsApp. Maka dari itu, salah satu mahasiswa UPI yang melaksanakan KKN di SD tersebut mencoba mengenalkan guru-guru untuk menggunakan aplikasi telekonferensi untuk meningkatkan kinerja dalam mengajar. Dengan adanya program pelatihan ini, guru-guru tersebut diharapkan dapat memahami penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut sehingga proses pembelajaran semakin baik dalam hal penyampaian materi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline