Mohon tunggu...
Rifky Abdillah Putra Gunawan
Rifky Abdillah Putra Gunawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI 2018

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKN UPI: Pelatihan Guru dalam Memanfaatkan Aplikasi Telekonferensi

27 Juli 2021   13:37 Diperbarui: 27 Juli 2021   13:38 94 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UPI: Pelatihan Guru dalam Memanfaatkan Aplikasi Telekonferensi
tangkapan layar

Melalui LPPM, Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) meski dalam kondisi pandemi ini. Karena kasus positif COVID-19 di Indonesia terus meningkat, pelaksanaan KKN dilakukan secara daring. Dengan tema "Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi (MDBPE)", mahasiswa UPI dapat melaksanakan KKN di bidang ekonomi atau pendidikan. 

Bertempat di SDN 189 Neglasari Bandung, salah satu mahasiswa melaksanakan KKN di bidang pendidikan. KKN tersebut dilakukan dengan memberi pelatihan kepada guru dalam memanfaatkan aplikasi telekonferensi. Guru diajari cara penggunaan aplikasi Zoom dan Google Meet, seperti fungsi pada tombol-tombol, fitur yang tersedia, dan lain-lain. 

Pandemi memaksa sekolah menyelenggarakan pembelajan secara daring. Hingga saat ini, guru-guru di SDN 189 Neglasari masih memanfaatkan aplikasi obrolan seperti WhatsApp. Maka dari itu, salah satu mahasiswa UPI yang melaksanakan KKN di SD tersebut mencoba mengenalkan guru-guru untuk menggunakan aplikasi telekonferensi untuk meningkatkan kinerja dalam mengajar. Dengan adanya program pelatihan ini, guru-guru tersebut diharapkan dapat memahami penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut sehingga proses pembelajaran semakin baik dalam hal penyampaian materi.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN