Lihat ke Halaman Asli

Putri Rhoma

S1 Akuntansi FEB UNS

KKN Covid UNS Dilaksanakan di RT 03 RW 01 Sondakan, Laweyan, Surakarta

Diperbarui: 19 Juli 2020   15:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

SURAKARTA-Universitas Sebelas Maret Surakarta tetap melaksanakan KKN untuk mahasiswa di tengah pandemi. Dengan tetap menggunakan protokol kesehatan seorang mahasiswa yang bernama Rhomadhani Nur Putri (F0317085) bimbingan Dr. Sri Yamtinah,S.Pd.,M.Pd telah  memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan pemahaman Covid dan melatih kemandirian di tengah pandemi. 

Lokasi KKN bertempat di Rt 03 Rw 01 Sondakan, Laweyan, Surakarta. Kegiatan KKN dilaksanakan selama 45 hari yang dimulai tanggal 2 Juni sampai dengan 17 Juli 2020.

Program pertama yang dilakukan yakni membantu masyarakarat Rt 03 untuk memahami protokol kesehatan di saat new normal melalui poster, stiker, e-poster, dan video.

Program kedua, meningkatkan pengetahuan dalam membuat masker dengan kain perca, program ini tidak hanya sekedar memberikan masker cuma-cuma dan diharapkan mampu mengajarkan bisnis online sehingga masyarakat memiliki penghasilan sampingan. Setelelah itu, diajarkan pula penyusunan laporan keuangan sederhana yang dapat dibuat untuk mengetahui pemasukan dan pengeluaran penjualan masker.

Program ketiga, edukasi masyarakat untuk menanam sayuran berupa kangkung, bayam, bawang merah, dsb yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam ketahanan pangan.

Program keempat, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan memberikan edukasi kepada anak-anak cara mencuci tangan dengan benar dan menjaga kebersihan disaat pandemi.

Program kelima, Bimbingan belajar yang dilaksanakan untuk mendampngi anak-anak belajar bersama dan tetap menggunakan protocol kesehatan. Program ini mendapatkan respon yang positif dari masyarakat sekitar.

"Bimbingan Belajar tetap dilaksankan saja mba walaupun KKN sudah selesai, setidaknya seminggu dua kali atau beberapa hari saja dalam seminggu, saya yakin pasti anak-anaknya juga minta seperti itu." Ujar Bu RW 01

Program keenam, lomba mewarnai komik dengan pembahasan protokol kesehatan pada saat pandemi yang dikerjakan dirumah masing-masing. Ditengah acara pemberian hadiah kepada juara diberikan sosialisasi penjelasan gambar komik untuk menjaga kesehatan dan menjaga kebersihan, dengan bantuan Ibu Rw dan Pak Rt kegiatan lomba berjalan dengan baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline