Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa UNTAG Surabaya Lakukan Upaya Peningkatan UMKM melalui Branding dan Digital Marketing

Diperbarui: 25 Juni 2022   20:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Surabaya (23/06/2022) Pandemi covid-19 telah membawa perubahan terhadap dunia termasuk di Indonesia. Dampak negatif tidak dapat dipungkiri salah satunya dalam sektor kesejahteraan masyarakat seperti yang dirasakan oleh pelaku UMKM salad buah milik Ibu Nur ini.

Usaha salad buah di Griya Kebraon Utama mengalami penurunan pendapatan akibat pandemi covid-19 yg menyebabkan pelaku usaha merasa resah.

Hal ini dikarenakan kebijakan pemerintah dengan pemberlakuan PPKM serta menerapkan social distancing oleh karena itu masyarakat (konsumen) dibatasi pergerakan nya, sehingga menyebabkan penurunan pendapatan pada pelaku usaha salad buah karena sebelumnya salad buah di titipkan ke swalayan - swalayan yang ada di daerah Griya Kebraon Utama.

Dalam mengatasi masalah tersebut mahasiswa Untag Surabaya Program Studi Manajemen yang bernama Rhicco Oktavian Wicaksono tengah melaksanakan kegiatan KKN di Griya Kebraon Utama RT 02 RW 10, Kecamatan Karang Pilang, Kabupaten Surabaya. Dengan Dosen Pembimbing Gustaf Naufan Febrianto, program KKN yang dijalankan yaitu Melakukan pendampingan dan peningkatan penjualan UMKM pada usaha salad buah.

Untuk itu ditengah kondisi seperti ini dibutuhkan strategi pemasaran dan inovasi-inovasi yang dapat menunjang kestabilan dalam proses penjualan seperti sebelum terjadinya pandemi covid-19. Mengacu dari permasalahan tersebut, tujuan dari KKN ini adalah membantu usaha salad buah dengan cara melakukan inovasi pada produk dan pengembangan pemasaran produk agar jangkauan pasar lebih luas.

dokpri

Harapannya program ini dapat membantu ibu Nur dalam mengoptimalkan penjualan sehingga dapat meniningkatkan perekonomian. KKN ini dilaksanakan dalam 12 hari. Penulis memiliki beberapa program kerja dalam pelaksanaannya. Antara lain identifikasi masalah yang dihadapi oleh mitra. Melakukan inovasi terhadap produk salad buah. Melakukan kegiatan pendampingan terhadap pelaku usaha, serta melakukan sosialisasi tentang bagaimana memasarkan produk dengan memanfaatkan media sosial.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline