Lihat ke Halaman Asli

Reynal Prasetya

TERVERIFIKASI

Broadcaster yang hobi menulis.

Mengenal Pasukan Rajawali, Pasukan Khusus Milik BIN?

Diperbarui: 23 September 2020   08:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Pasukan Rajawali BIN (Sumber: kupang.tribunnews.com)

Menurut Wikipedia, Pasukan khusus (special force), adalah satuan militer yang di bentuk dan dilatih untuk melakukan misi perang non-konvensional, anti teror, pengintaian, aksi langsung, dan pertahanan luar negeri. [1]

Pasukan khusus biasanya terdiri dari kelompok kecil yang sangat terlatih, yang dipersenjatai dengan senjata khusus, bekerjasama secara mandiri, bergerak secara senyap, dan memiliki kemampuan-kemampuan khusus yang tidak dimiliki oleh pasukan lain.

Indonesia sendiri dalam TNI memiliki banyak sekali pasukan khusus. Baik itu dari matra darat, laut maupun udara.

Dari matra darat indonesia punya komando utama tempur bernama Kostrad (Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat), dari Kostrad kemudian lahir lagi satuan khusus bernama Tontaipur (Peleton Intai Tempur). 

Selain Tontainpur, salahsatu pasukan yang sudah kita kenal, disegani dan populer di dunia adalah Kopassus (Komando Pasukan Khusus) dari Kopassus kemudian lahir lagi pasukan khusus bernama Satgultor-81 Kopassus (Satuan Penanggulangan Teror) angka 81 merupakan tahun keberhasilan pasukan ini ketika mengatasi pembajakan pesawat DC-9 Woyla di bandara Don Muang, Bangkok, pada 31 Maret 1981.

Dari matra laut Indonesia mempunyai komando tempur utama, yaitu pasukan Marinir. Dari Marinir ini kemudian lahir lagi satuan khusus bernama Yontaifib (Batalyon Intai Amfibi). Dan salahsatu pasukan khusus matra laut yang paling terkenal adalah Kopaska (Komando Pasukan Katak), dari kedua satuan khusus itu kemudian lahir lagi pasukan khusus bernama Denjaka (Detasemen Jala Mangkara). 

Pasukan yang kurang lebih memiliki kualifikasi yang sama dengan Satgultor-81, hanya saja Denjaka lebih difokuskan sesuai dengan tugasnya, yaitu menangani ancaman dan teror-teror aspek laut.

Dari matra udara, Indonesia juga punya komando tempur utama yaitu Paskhas (Korps Pasukan Khas) pasukan yang tidak kalah gahar dari Kostrad dan Marinir, dari Paskhas terbentuk lagi pasukan khusus bernama Satbravo-90 (Satuan Bravo 90). 

Pasukan khusus yang tidak jauh berbeda tugasnya dengan Denjaka dan Satgultor-81, dimana Satbravo-90 lebih fokus terhadap ancaman dan teror aspek udara.

Tidak cukup sampai disitu, adalagi pasukan khusus gabungan dari tiga Matra dari pasukan-pasukan khusus tersebut yang baru beberapa tahun dibentuk bernama Koopsus (Komando Operasi Khusus). Berisi personel-personel pilihan dan terlatih dari masing-masing matra TNI.

Selain daripada pasukan-pasukan khusus tersebut, adalagi satu "pasukan khusus" yang juga tidak kalah gahar dan mematikan yang sempat menjadi viral, yaitu pasukan Rajawali yang disebut-sebut sebagai pasukan khusus milik BIN (Badan Intelijen Negara).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline