Lihat ke Halaman Asli

REVI SAPUTRI

Guru SMP Negeri 27 Kerinci

Best Practice Meningkatkan Kemampuan Writing Siswa

Diperbarui: 28 September 2022   07:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Lokasi: SMP NEGERI 27 KERINCI

Lingkup Pendidikan: Sekolah Menengah Pertama

Tujuan: Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Greeting Card Text

1. Situasi: 

A. Kondisi yang menjadi latar belakang masalah

  • Peserta didik tidak mau bertanya dan kurang respon dalam proses belajar mengajar.
  • Peserta didik tidak semangat ketika proses belajar mengajar
  • Peserta didik tidak mau mengerjakan tugas/PR yang diberikan
  • Materi pembelajaran yang kurang dipahami oleh siswa
  • Metode dan media mengajar yang tidak menarik

B. Praktik ini penting untuk dilakukan

  • Agar penyampaian konsep materi greeting card text lebih mudah dipahami oleh siswa
  • Untuk berbagi pengalaman kepada guru lain yang mengalami masalah yang sama dan bagaimana mengatasinya
  • Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis greeting card text
  • Penggunaan model pembelajaran Discovery Learning sebagai alternatif model pembelajaran guna memperbaiki kualitas pembelajaran

C. Peran dan tanggung jawab saya di sini adalah Guru sebagai mentor yang membimbing dan mengarahkan siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Fasilitator yang membuat RPP, bahan ajar, LKPD, media dan instrumen  penilaian. Sebagai inspirator yang memberikan semangat kepada para siswa, memotivasi siswa agar tertarik dalam pembelajaran greeting card text.

2. Tantangan :

A. Tantangan yang diha:

  • Faktor Eksternal dan Internal
  • Kurangnya variasi guru dalam menggunakan media pembelajaran
  • Kurangnya strategi dan metode yang digunakan oleh guru dalam menyajikan bahan materi pada proses pembelajaran
  • Kurangnya perhatian dari orang tua terhadap perkembangan pendidikan anak

B. Pihak yang terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran yaitu Guru, rekan sejawat dan siswa/i kelas VIII sedangkan pihak yang tidak terlibat secara langsung yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala  Sekolah.

3. Aksi :

A. Langkah –langkah

  • Melakukan observasi siswa agar lebih  mengenal karakteristik siswa.
  • Memahami karakteristik materi yang akan diajarkan.
  • Menentukan model pembelajaran yang akan   digunakan
  • Membuat desain pembelajaran yang terdiri dari RPP, bahan ajar, LKPD, media, instrumen  penilaian

B. Strategi pembelajaran

  • Memilih media pembelajaran inovatif berupa media kartu ucapan selamat,  video pembelajaran dan media Microsoft Power Point berbantuan infocus.  Penerapan media slide PowerPoint dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
  • Memilih model pembelajaran inovatif
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline