Lihat ke Halaman Asli

KKN TEMATIK UPI 2022: Lakukan Revitalisasi Taman di Taman RW 04 Kelurahan Palasari Kecamatan Cibiru

Diperbarui: 16 Agustus 2022   11:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Revitalisasi yang dilakukan Mahasiswa KKN UPI ini dilakukan dengan cara memperindah kembali melalui berbagai kegiatan terencana yang tentunya akan menjadikan perbaikan dalam kawasan tersebut. Sesuai dengan tema yang didapatkan oleh kelompok 53 KKN UPI yaitu"Desa Infrastruktur dan Inovasi".

Skala pengerjaan program revitalisasi ini pun memiliki skala yang cukup kecil yaitu pada taman RW 04 di Kelurahan Palasari Kecamatan Cibiru. mengapa saya melakukan dan terpikirkan untuk membuat program ini dikarenakan saya bertujuan melihat taman tersebut ramai digunakan dan dimanfaatkan kembali tentunya oleh warga sekitar.

Banyak aspek tempat yang sangat penting untuk dilakukan pembaruan salah satu contohnya adalah area di taman bermain anak, saya dan teman-teman dari KKN UPI melakukan pengecatan ulang pada bagian area bermain anak seperti ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit. 

Mengapa hal ini dilakukan karena saat pertama kali melihat area bermain anak ini pada bagian cat nya sudah banyak yang pudar dan memang harus dilakukan pengecatan ulang pada bagian arena bermainnya, tujuannya tentunya supaya anak-anak yang bermain disitu bisa menikmati dan nyaman saat berada di arena permainan yang sudah disediakan di taman tersebut.

Mural yaitu cara menggambar diatas media dinding, tembok atau permukaan yang luas dan bersifat permanen. Tidak lupa juga kami melakukan pekerjaan Mural yang tentunya bertujuan untuk memperindah dan mempercantik taman RW 04 ini, agar yang bermain di taman ini bisa melihat kreasi dan tentunya tidak jenuh saat bermain karena ada lukisan di dinding yang sudah dibuat oleh teman-teman dari KKN UPI. 

Dokpri

Revitalisasi ini tidak hanya memperindah dan mempercantik taman tapi dari segi kebersihan pun kami perhatikan seperti rumput rumput yang panjang dan tanaman tanaman yang merambat pada tembok tidak lupa kita bersihkan juga dan tentunya merapihkan tempat agar warga yang datang bermain dan berkumpul di taman RW 04 senantiasa bisa nyaman dan menikmati suasana taman yang bersih dan tertata rapih.

Menanam tanaman yang tahan panas mulai dari kaktus, lidah mertua, tanaman kertas, dsb. tujuan kami dalam melakukan penanaman ini supaya memperkaya dan memperbanyak tanaman-tanaman yang ada di taman RW 04, dan juga tentunya agar kelompok 53 KKN UPI mempunyai kenang-kenangan di Taman RW 04 ini.

Dokpri

Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline