Lihat ke Halaman Asli

Raudhatul Ilmi

Content Writer & Script Writer

Tampil Beda, Piala Dunia 2026 akan Diselenggarakan di Tiga Negara

Diperbarui: 12 Desember 2022   16:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Trofi piala dunia/www.kompas.com

Piala dunia 2022 Qatar baru akan melangsungkan pertandingan semifinal ditanggal 14-15 Desember mendatang, namun piala dunia 2026 sudah mulai dibicarakan.

Hal ini dikarenakan Piala dunia 2026 akan tampil beda dibandingkan edisi piala dunia sebelumnya. Bahkan untuk pertama kalinya akan diselenggarakan di 3 negara.

3 negara tersebut antara lain adalah Amerika Serikat, Mexico dan Kanada. Ketiganya secara geografis berada di wilayah benua Amerika bagian utara.

Seperti diketahui bersama, Sepanjang sejarah piala dunia tuan rumah identik dengan satu negara penyelenggara saja.

Penyelenggara ganda hanya tercipta dipiala dunia 2002, ketika Korea Selatan dan Jepang dari Benua Asia bekerja sama menjadi penyelenggara turnamen sepakbola akbar 4 tahunan.

Selain menjadi penyelenggara, Korea Selatan pada saat itu juga ikut mencatat sebagai wakil Asia pertama yang bisa melangkah jauh sampai ke babak semifinal.

Jika dulunya Piala dunia terbiasa dengaan format 32 peserta kini kuotanya ditambah menjadi 48 peserta, dengan harapan semakin banyak variasi negara yang terlibat didalamnya.

Kendati Piala dunia 2026 nanti bakalan di gelar di 3 negara, namun Amerika Serikat akan lebih banyak berkontribusi dibandingkan Mexico dan Kanada.

Pasalnya piala dunia 2026 nanti akan diselenggarakan di 16 kota dengan 11 kota berasal dari Amerika Serikat, 3 kota di Mexico dan 2 kota di Kanada.

Bagi Amerika serikat sendiri kesempatan ini menjadi kali kedua menggelar turnamen piala dunia setelah sukses di tahun 1994 silam.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline