Lihat ke Halaman Asli

Ratih Nur Cahyati

manusia biasa

Hal-hal yang Membuat Singapura Menjadi Negara Maju

Diperbarui: 7 November 2021   07:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Negara adalah suatu organisasi yang memiliki sistem pemerintahan dan aturan-aturan yang telah dibuat yang harus dipatuhi oleh seluruh penduduk yang menempati wilayah organisasi tersebut. Untuk mendirikan sebuah negara tentunya sangat dibutuhkan rakyat, wilayah, serta sistem pemerintahannya. Selain itu, negara juga perlu diakui oleh negara-negara lain. Terdapat dua bentuk negara, yaitu kesatuan atau unitaris dan serikat atau federasi.

Negara kesatuan adalah negara yang menjadikan pemerintahan pusat sebagai kekuasaan tertinggi. Secara hierarki negara kesatuan adalah negara yang berdiri sendiri dan tidak terdapat negara lain dalam negara tersebut. Contoh negara kesatuan adalah Indonesia, Prancis, dan Maladewa

Sedangkan negara serikat adalah negara yang mempunyai negara lain di dalamnya yang bisa disebut sebagai negara bagian. Contoh negara serikat adalah Amerika Serikat, Brasil, Rusia, dan Jerman.

Selain itu, negara juga bisa dikategorikan sebagai negara maju dan negara berkembang. Negara maju adalah negara yang mempunyai kemajuan teknologi serta ekonominya yang merata. Dikarenakan sumber daya manusia sangat memadahi. Contoh negara maju adalah Jepang, Amerika Serikat, dan Jerman. Sedangkan negara berkembang adalah negara yang masih dalam taraf menengah dan masih memerlukan perkembangan. Contoh negara berkembang adalah Ukraina, Romania, Indonesia, Afrika Selatan, Brazil, Thailand, dan India.

Indonesia sendiri masih belum bisa dikatakan sebagai negara maju, karena sumber daya manusia nya masih belum memadahi. Walaupun Indonesia mempunyai sumber daya alam yang sangat melimpah tapi tanpa adanya sumber daya manusia yang memadahi maka sumber daya alam tersebut tidak bisa dikelola dengan baik. Selain itu syarat untuk menjai negara maju pendapatan perkapitanya harus mencapai US$11.906 atau lebih. Sedangkan pendapatan perkapita Indonesia masih US$3.870 pada tahun 2020. Dikarenakan tingkat pengangguran dan kemiskinan di Indonesia yang masih tinggi.

Tentunya pemerintah Indonesia sudah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia. Seperti membangun sekolah dan mewajibkan belajar 12 tahun. Membangun lapangan pekerjaan yang banyak dan masih banyak lagi upaya-upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia. Namun akibat luas wilayah Indonesia yang begitu besar, upaya tersebut sangat sulit untuk direalisasikan. 

Apalagi Indonesia terpisah-pisah oleh lautan, sehingga untuk mengembangkan sumber daya manusia di seluruh Indonesia itu sangat sulit. Karena hanya sebagian daerah saja yang berhasil dikembangkan dengan upaya-upaya tersebut. Tetapi negara lain masih belum bisa sepenuhnya dikembangkan, sehingga Indonesia tidak bisa dijadikan sebagai negara maju.

Sedangkan, menurut saya negara yang mempunyai luas wilayah kecil seperti Singapura bisa lebih mudah untuk menjadi negara maju. Walaupun sumber Singapura tidak mempunyai sumber daya alam yang melimpah, tetapi mereka mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas. Sehingga sumber daya manusia itu bisa mengelola sistem ekonomi dan sektornya dengan baik. Selain itu, ada beberapa hal yang menjadikan Singapura menjadi negara maju :

  • Letak geografis Singapura yang strategis

Letak geografis dari suatu negara sangat mempengaruhi pendapatan negara tersebut. Karena jika letak dari suatu negara tersebut berada dalam jalur perdagangan dunia maka akan sangat berperpengaruh terhadap pendapatan negara. Letak geografis Singapura ini sudah diketahui oleh negara Inggris sejak zaman dahulu. 

Terbukti dari keputusan Negara Inggris Raya menempati negara tersebut yang mempunyai luas wilayah sedikit pada tahun 1819. Letak negara Singapura ini berada di jalur yang menghubungkan perdagangan antara Benua Asia dan Benua Eropa. 

Dengan letak yang sangat strategis ini, tentunya banyak pedagang atau turis yang singgah di Singapura. Hal ini, tentunya membawa keberuntungan tersendiri bagi Singapura.

  • Mempunyai ikatan kerjasama yang kuat dengan negara lain
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline