Lihat ke Halaman Asli

Andri Mastiyanto

TERVERIFIKASI

Penyuluh Kesehatan

Mau Tau Arti Sukses, Kunjungi Rehabilitasi Narkoba

Diperbarui: 9 Mei 2019   22:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Deskripsi : Sukses ? I Sumber Foto : pixabay

Pada tahun 2007 di danau UI Depok bersama seluruh keluarga, kami berkumpul yaitu daku (saya), Ibu, almarhum Bapak dan almarhum Kakak serta keluarga mas Yono & Neneng.

Saat itu waktu kelulusan Ku sebagai Sarjana Kesehatan Masyarakat peminatan Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Prilaku (Promosi Kesehatan), Almarhum Bapak menyampaikan kepada kami bahwa dirinya sudah merasa sukses mampu meluluskan kedua anaknya menjadi Sarjana dan ia bangga kami bukan orang berprilaku negatif.

Almarhum Bapak berpesan bahwa jangan mengartikan sukses itu memiliki harta sehingga di stempel kaya harta. Sebagai manusia harus tau arti CUKUP dan kejarlah kebahagian dunia akhirat, itu sukses menurut Bapak.

Tahun 2006 merupakan tahun dimana Bapak sudah tidak berkerja lagi. Beliau memilih berwirausaha toko kelontong dan jual beli burung berkicau ditahun 2007. Ia merupakan penggemar burung berkicau.

Bapak ternyata tidak memiliki bakat sebagai entrepreneur dan usaha yang kami bangun (daku dan almarhum Kakak 'Satria') pun ditutup tahun 2012. Beliau akhirnya hijrah ke rumah Ku di Cikeas Udik sampai akhir hayatnya di tahun 2016.

Daku pun belajar dari Bapak yang terlihat bahagia sampai akhir hayatnya walaupun dalam kondisi merawat dan memikirkan kesehatan Almarhum Kakak 'Satria Adhi' yang sakit Tumor Otak.

Sukses adalah hak setiap orang dan memiliki alat ukur masing-masing pribadi. Seperti kata pepatah jangan gunakan baju orang lain ke diri kita. Perkaranya adalah bagaimana orang mengusahakan dirinya untuk bisa mencapai kesuksesan sesuai kriteria nya. 

Untuk sukses dengan kriteria memiliki banyak harta ada orang yang sangat gigih untuk mencapai kesuksesan, ada yang biasa-biasa saja. Ada yang kelihatannya biasa saja namun sebenarnya sangat mengusahakan kesuksesan bagi hidupnya sendiri contohnya almarhum Bapak.

Deskripsi : Apakah sukses itu Harta ? I Sumber Foto : dokpri

Ternyata bila daku melihat arti sukses nya almarhum Bapak, kata sukses tak melulu soal harta dan materi. Bukan hanya yang didapat dilihat dan dinilai dengan mata uang. Sukses tidak selalu soal pencapaian dalam pekerjaan, dimana uang dan harta menjadi tolak ukurnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline