Lihat ke Halaman Asli

Ratu Elizabeth II Wafat, Siapakah penerusnya?

Diperbarui: 19 September 2022   10:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis 8 September 2022 kemarin waktu setempat. Penguasa Inggris tersebut wafat pada usia 96 tahun. Dalam setahun terakhir Ratu Elizabeth II dirundung masalah kesehatan sejak masuk rumah sakit pada Oktober 2021. Serangkaian pertemuan publik pun harus dibatalkan atas saran medis.Berikut riwayat sakit penguasa Inggris dalam satu tahun ke belakang:

Ratu Elizabeth II pertama kali terlihat menggunakan tongkat jalan di westminster Abay pada 12 Oktober 2021, saat itu sang Ratu harus membatalkan perjalanan 2 hari ke Irlandia Utara setelah disarankan untuk beristirahat dengan alasan medis, kemudian Ratu melakukan pemeriksaan awal di rumah sakit swasta London dan menginap semalam. 

Ratu Elizabeth II terlihat Mengendarai mobil di rumahnya pada satu November 2022, namun pihaknya menarik diri dari KTT perubahan iklim PBB di Skotlandia atas nasihat dokter untuk beristirahat, Ratu juga tidak menghadiri acara tahunan pada 14 November 2021, karena sakit punggung.

Ratu sempat dinyatakan positif covid-19 Setelah melanjutkan audiensi langsung di kastil Windsor saat itu Ratu Elizabeth II merasakan gejala ringan seperti pilek. Ratu Elizabeth II juga menarik diri dari layanan commonwealthday di Westminster Abay, namun saat itu Ratu menghadiri upacara peringatan 29 Maret di sana untuk mendiang suaminya Pangeran Philip. 

Ratu Elizabeth II melewatkan kebaktian tradisional Kamis putih. Ratu memilih absen dari upacara pembukaan parlemen negara pada 10 Mei karena masalah mobilitas episode. Ratu dikabarkan melewatkan rangkaian acara platinum jupil untuk menandai 70 tahun bertahta, pada 4 Juni Ratu juga melewatkan ajang balap the Derby di Epson. 

Ratu Elizabeth II tidak menghadiri acara tradisional braimar gathering Highland games. 

Ratu secara resmi menunjuk listras sebagai Perdana Menteri ke-15 Inggris selama masa kekuasaannya 7 September 2022. Ratu batal menghadiri pertemuan yang direncanakan dengan penasihat politik senior setelah diwajibkan istirahat, kemudian 8 September istana Buckingham mengumumkan bahwa para dokter khawatir dengan kondisi Ratu Elizabeth II dan tetap melakukan pengawasan medis di kastil Balmoral,  Skotlandia. 

Ratu dinyatakan meninggal pada 8 September sebelum menghembuskan Nafas Terakhir, semua anak dan cucunya bergegas menemani di sisinya.

download-631ea659a65da8312f35b79a.jpeg


Raja Charles III akan menjadi pemimpin Inggris yang baru usai wafatnya sang ibunda, Ratu Elizabeth II. Dikutip dari CNN, Raja Charles III akan secara resmi deklarasi sebagai raja pada Sabtu (10/9/2022) waktu Inggris di Dewas Aksesi, Istana Buckingham.

"Raja akan membuat Deklarasi dan membaca serta menandatangani sumpah untuk menegakkan keamanan Gereja di Skotlandia dan menyetujui Perintah Dewan yang memfasilitasi kelangsungan pemerintahan," ungkap pihak istana, dikutip detikcom, Sabtu (10/9/2022).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline