Lihat ke Halaman Asli

Inilah Cara Terbaik Untuk Menginspirasi Anggota Organisasimu

Diperbarui: 26 Oktober 2022   13:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by Hunters Race on Unsplash   

Setiap organisasi di dunia, baik besar atau kecil, pasti mempunyai pemimpin. Pemimpin ini memegang peranan penitng dalam maju mundurnya sebuah organisasi. Salah satu peran penting yang harus dijalankan oleh pemimpin adalah menginspirasi anggota-anggotanya.

Dalam melakukan perannya ini, seorang pemimpin mempunyai gayanya tersendiri. Sehingga, tak heran jika kita menemukan banyak pemimpin dengan gaya menginspirasi yang berbeda-beda. Ada yang menginsipirasi dengan cara menceritakan kisah hidupnya, menceritakan kisah hidup orang lain, hingga memberikan gambaran masa depan cerah organisasi mereka.

Namun, tahukah kamu, bahwa ada sebuah cara yang digunakan pemimpin-pemimpin terkemuka di dunia untuk menginspirasi anggota organisasinya? Cara tersebut yakni Golden Circle. Golden Circle adalah sebuah konsep yang diperkenalkan oleh Simon Sinek, seorang penulis dan pembicara motivasi.

Secara umum Golder Circle menjelaskan bagaimana para pemimpin dapat menginspirasi kerja sama, kepercayaan, dan perubahan dalam bisnis. Berdasarkan penelitiannya tentang bagaimana organisasi yang paling sukses berpikir, bertindak, dan berkomunikasi, Simon berkesimpulan bahwa mereka mulai dengan alasannya atau Why. Setelah why, lalu dilanjut dengan How dan What.

Why

Simon berkata bahwa,

"Orang tidak membeli apa yang Anda lakukan, mereka membeli alasan mengapa Anda melakukannya,"

Pertanyaan utama dari setiap organisasi atau bisnis seharusnya adalah, "Mengapa kita berada dalam bisnis atau organisasi ini?" Secara umum, organisasi nirlaba  dan pemimpin-pemimpin bisnis kecil kebingunan untuk mementukan why atau pernyataan misi mereka.

Tetapi, alasan mengapa perusahaan atau organisasi nirlaba melakukan apa yang mereka lakukan dapat memberikan efek yang berharga terhadap kemajuan organisasi.

Berikan pelanggan dan anggota organisasi alasan yang lebih kuat untuk mendukung organisasi dengan cara mendefinisikan "mengapa" di balik merek atau brand organisasi. Pernyataan "mengapa" harus dapat melampaui hal-hal yang berhubungan dengan uang.

Pernyataan misi Tesla merupakan contoh yang sangat baik dari perusahaan terkenal yang menguraikan "mengapa"nya:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline