Lihat ke Halaman Asli

Yuk Mudik yang Aman

Diperbarui: 24 Mei 2019   11:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dua pekan menjelang Lebaran, masyarakat mulai sibuk mempersiapkan diri untuk perjalanan pulang ke kampung halaman atau mudik. Sudah pasti banyak dari kita yang dari jauh-jauh hari memesan tiket transportasi agar tidak kehabisan tiket. 

Mudik adalah hal yang wajib ketika mendekati bulan ramadhan, kembali pulang ke kampung halaman dan merasakan hangatnya lebaran di tengah-tengah keluarga besar sangat lah indah. Maka dari itu, pemudik harus mempersiapkan segalanya agar mudik di tahun ini terasa nyaman dan aman sampai tujuan. 

Apa saja sih yang harus kita persiapkan sebagai seorang pemudik? 

1. Budget

kita harus mempersiapkan budget yang lebih untuk mudik. Ramadhan identik dengan kenaikan harga yang melonjak jauh, dari harga bahan makanan hingga tiket transportasi pasti naik dari harga biasanya. Kita sebagai seorang pemudik harus memiliki budget yang lebih besar, apalagi kalau kita membawa keluarga, kita harus mempersiapkan budget dari jauh-jauh hari agar saat hari mudik telah tiba, kita tidak kaget dengan harga-harga yamg tertera. 

2. Fisik 

fisik sangat lah penting untuk kita siapkan sebelum memulai mudik. Cek kesehatan dulu, karena perjalanan panjang akan di tempuh dan akan susah bila mencari rumah sakit terdekat, apalagi kalau sedang terjebak macet. Lebih baik mencegah daripada mengobati. 

3. Transportasi 

Jangan lupa persiapkan alat tranportasi dengan baik. Bepergian jarak jauh harus memastikan modal transportasi yang dipilih aman dan tentunya sesuai dengan kantong. Jika memilih menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, pastikan kendaraan sudah diservis dan siap menempuh perjalanan panjang. Beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti kondisi aki, rem, saringan udara dan ban mobil. Jika mudik dengan bus, kereta, kapal laut atau pesawat terbang pastikan tiket sudah didapatkan dari jauh-jauh hari. Mudik menggunakan motor tidak disarankan karena meningkatkan risiko kecelakaan. Jika tetap ingin menggunakan motor saat mudik, ada baiknya motor dikirim menggunakan transportasi umum ke kampung halaman. 

4. Barang bawaan 

persiapkan dengan baik barang bawaan anda, jangan sampai ada yang tertinggal. Tidak disarankan bawa barang yang banyak, karena akan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline