Lihat ke Halaman Asli

Prycilia Grace Nicole Suoth

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Massa dan Digital

Mengenal Media Baru dan Karakteristiknya

Diperbarui: 21 September 2020   16:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: ganga-digital.com 

Sejak digitalisasi media menjadi popular di Indonesia, penggunaan istilah new media atau media baru juga semakin sering ditemukan. Namun, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan new media? Apa saja kriteria yang harus dicapai agar suatu media bisa dikatakan sebagai media baru?

Dalam artikel ini, kita akan memahami secara singkat mengenai new media dengan menganalisis salah satu media di Indonesia.

New Media

Pada new media atau media baru, anda dapat menemukan konten yang diolah menggunakan berbagai bentuk komunikasi elektronik.

Konten yang tersedia adalah konten on demand atau sesuai dengan permintaan yang diterima.

Bicara mengenai media baru, tentu tidak bisa terlepas dari pengaruh internet.

Dalam artikel mengenai internet dan kaitannya dengan jurnalisme online,  dijelaskan bahwa jurnalisme online merupakan salah satu produk hasil adanya internet.

Internet merupakan fasilitas yang memungkinkan media baru untuk saling terhubung dan memiliki interkonektivitas dengan beragam media lainnya.

Karena itulah, konten yang ada pada media baru dapat dilihat menggunakan perangkat apapun.

Selain itu, pengguna juga dapat melakukan interaksi dengan konten seperti meninggalkan komentar, secara real-time.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline