Lihat ke Halaman Asli

Himam Miladi

TERVERIFIKASI

Penulis

3 Langkah Membangun Personal Branding sebagai Penulis

Diperbarui: 16 Juni 2021   15:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi penulis| Sumber gambar: Content Pixie/Pexels

Kalau kamu ingin menjadi penulis, penting bagimu untuk membangun personal branding. Baik apakah tujuannya adalah untuk mendapatkan klien atau membangun pemirsa, memiliki merek pribadi sangat penting untuk proses tersebut. 

Membedakan Penulis dan Orang yang Sekadar Menulis

Langkah pertama adalah penting pula bagi dirimu untuk bisa mengenal dirimu sendiri, apakah kamu memang benar penulis atau orang yang sekadar menulis. Setiap orang memang bisa menulis. Tapi, tidak semua orang bisa jadi penulis. Ada orang yang menulis; dan ada penulis sungguhan.

Perbedaannya sederhana tetapi penting: penulis mengidentifikasi dirinya sebagai penulis karena mereka merangkul aktivitas menulis sebagai mata pencaharian dan membentuknya menjadi bagian dari identitas dirinya. 

Seorang penulis dan tulisannya tidak dapat dipisahkan satu sama lain, dan ini adalah bagian tak terpisahkan dari identifikasi sebagai seorang penulis.

Penulis menganggap tulisan mereka bukan sebagai hobi atau mengikuti tren, tetapi sebagai sesuatu yang tumbuh di dalam diri mereka yang, jika tidak dituangkan ke atas kertas, pada akhirnya akan menjadi sumber kematian mereka.

Orang yang sekadar menulis menciptakan karya tulis hanya sebagai fungsi tanpa menjadi identitas dan tidak ada gairah dalam tulisannya.

Perbedaan karya tulis dari seorang penulis dan orang yang hanya sekadar menulis sama dengan perbedaan antara melafalkan serangkaian karakter kata demi kata, tanpa ritme atau nada, dibandingkan membiarkan kata-kata puitis menetes di ujung jari seseorang seperti madu kental keemasan.

Kata-kata dan kalimat yang muncul di atas kertas tanpa hasrat yang melekat padanya tidak ada bedanya dengan baris kode komputer atau bahkan ketukan keyboard yang monoton. 

Memilih Jadi Penulis Spesialis atau Generalis

Setelah memastikan diri bahwa kamu memang benar penulis, ingin membangun karier sebagai penulis dan menjenamakan diri (personal branding) sebagai penulis, langkah berikutnya adalah memilih jadi penulis spesialis atau generalis.

Penulis spesialis memilih ceruk (niche) tertentu - apakah itu finansial, bahasa, teknologi, film dll - dan tetap menulis tentang satu topik itu. Meski sesekali mereka kadang melepas rasa bosan dengan menulis topik yang berbeda.

Penulis spesialis juga biasanya sudah memiliki keahlian di bidang yang mereka tulis. Keahlian yang didapat dari pengalaman maupun pengakuan keahlian berdasarkan kredensial (gelar akademik).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline