Lihat ke Halaman Asli

Himam Miladi

TERVERIFIKASI

Penulis

"Menunggangi Vanessa", Seperti Ini Trik Konten Digitalnya

Diperbarui: 11 Januari 2019   03:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi (unsplash.com/@rawpixel)

Menurut survei dari Wearesocial, 49 persen penduduk di Indonesia merupakan pengguna aktif media sosial. Itu artinya ada sekitar 130 juta orang, tua atau remaja memiliki akun media sosial dari berbagai platform dan secara aktif menggunakannya.

Dengan tingkat penetrasi sebanyak itu, tak heran jika banyak perusahaan yang menganggarkan biaya cukup besar untuk beriklan atau berkampanye melalui media sosial. Konten digital sekarang menjadi titik fokus perusahaan-perusahaan untuk memperkenalkan brand masing-masing.

Selain karena faktor angka statistik diatas, media sosial juga memiliki 4 fungsi umum yang menjadikannya salah satu faktor penting mengapa perusahaan harus menampilkan brand mereka di media sosial, yakni:

  • Melalui media sosial, konsumen bisa berinteraksi dan membagikan pengalaman atau opini mereka secara langsung.
  • Perusahaan bisa mengontrol interaksi atau percakapan di media sosial tetap pada jalur yang positif.
  • Media sosial juga bisa membantu untuk mengembangkan loyalitas pelanggan dan menghasilkan arahan sesuai yang diinginkan perusahaan.
  • Berbagai platform media sosial yang tersedia membuat perusahaan memiliki banyak pilihan untuk terhubung dengan audiens.

Setiap pengguna sosial tentunya juga memiliki alasan sendiri mengapa mereka mengikuti sebuah akun tertentu, tak terkecuali akun brand/perusahaan. Menurut survei yang dilakukan Buzzstream, 16 persen dari 900 responden mengatakan mereka mengikuti brand karena suka, titik.

Sebanyak 14 persen pengguna media sosial mengikuti akun sebuah brand karena ingin menjadi orang pertama yang menerima informasi up to date atau menerima penawaran spesial. Sedangkan 12 persen lainnya beralasan hanya ingin mendapatkan hadiah atau gimmick.

Dalam pemasaran digital, konten memegang peranan vital. Sebagaimana yang ditunjukkan oleh survei Growingsocialbiz, 21 persen pengguna sosial meninggalkan akun sebuah brand karena konten mereka diulang-ulang terus dan membosankan.

Bagaimana caranya supaya konten itu tidak terlihat membosankan bagi pengguna media sosial?

Ya harus kreatif lah...

Setiap perusahaan akan berusaha sebisa mungkin supaya akun media sosial mereka tidak ditinggalkan konsumen atau pengguna lain yang selama ini mengikuti. Karena itu pembuat konten, baik itu content writer atau copywriter pada sebuah perusahaan harus kreatif, cermat dan cerdas untuk membuat konten yang bervariasi supaya tidak membosankan dan akhirnya ditinggalkan para pengikut akun media sosialnya.

Sebelum berpikir bagaimana caranya membuat konten yang kreatif dan cerdas cara penyampaiannya, ada baiknya ketahui dulu macam-macam konten digital.

Secara garis besar, konten digital dapat dibagi menjadi empat macam: Special Event, Editorial Plan, Crisis Management/Semi Customer Care dan Riding the Moment.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline