Lihat ke Halaman Asli

Prama Ramadani Putranto

TERVERIFIKASI

Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Tidak Hanya Soal Keuntungan, Bisnis Juga Menjaga Persaudaraan

Diperbarui: 23 Januari 2021   01:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Keutamaan Bisnis dengan Teman Tidak Hanya Soal Keuntungan Namun Juga Menjaga Persaudaraan - Sumber: shutterstock via kompas.com

Ketika memikirkan untuk memulai sebuah usaha atau bisnis selalu saja ada kendala yang menghalangi di depan mata. Terpaksa harus berpikir keras dan memutar otak untuk bagaimana caranya menemukan jalan keluar di tengah beratnya memulai usaha. 

Setiap ada keinginan untuk maju pasti akan selalu ada jalan dan merintis sebuah usaha dibutuhkan kerja ekstra untuk mewujudkannya menjadi nyata.

Terdapat berbagai macam kendala ketika memulai usaha. Bisa jadi modal yang terbatas, mahalnya biaya sewa untuk tempat usaha, atau kendala-kendala lainnya. 

Perlu selektif pula untuk memutuskan memilih jalan keluar dalam keterbatasanan itu, tentunya dengan prinsip meminimalisasi risiko yang memungkinkan akan timbul dari usaha yang dijalankan.

Ketika kebuntuan tak kunjung pergi dan semakin menjadi-jadi tak ada salahnya menawarkan konsep usaha dengan teman dekat yang terpercaya. Meski terkadang rasa pesimis itu muncul namun tetap harus mencoba walau sedikit kemungkinan hal ini sebagai bentuk ikhtiar yang nyata. 

Bermula dari obrolan santai lalu berdiskusi tentang detil usaha yang akan dilakukan bersama serta penyamaan persepsi serta visi dalam usaha perlu dicoba dan jangan berhenti ketika belum menemukan solusi.

Terkadang rezeki datangnya tak jauh dari sekitar kita. Ikhtiar yang nyata akan menemukan titik temu dan kelancaran dalam menghadapi dinamika ketika memulai dan berjalannya usaha. 

Modal Usaha 

Ketika buntu dan modal belum cukup untuk memulai usaha. Menggandeng partner bisnis teman dekat sendiri bisa dijadikan solusi. Memulai dengan dasar kepercayaan dan keterbukaan sebagai kunci langgengnya sebuah usaha bersama. 

Pembagian Tugas dan Pembagian Hasil 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline