Lihat ke Halaman Asli

Mulya Singacala

Menulis itu merawat ingatan agar selalu diinggat

Vaksin Selamatkan Kehidupan

Diperbarui: 10 Januari 2021   05:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok satgas Covid-19 Kab. Majalengka

Perjalanan panjang virus Covid-19 telah menguras berbagai sendi kehidupan manusia di belahan bumi ini, dalam cacatan WHO tidak ada satu pun Negera di dunia ini yang terbebas dari virus Covid-19, negara maju pun seperti Amerika yang kita anggap paling canggih dalam teknologi dan pengetahuannya tidak bisa mengelak dan membendung datangnya Covid-19, alhasil seluruh manusia harus berjibaku menghadapi Covid-19 ini hingga sekarang. 

Entah kapan ini akan berakhir, para ahli kesehatan dan mikro biologi seakan berlomba dengan Covid-19 dalam menyelamatkan manusia di muka bumi ini, manusia pasti menang dan mempunyai caranya sendiri dalam menyelesaikan masalah virus ini. 

Sebagai manusia yang beragama, kita dituntut untuk terus berusaha dan berusaha, kewajiban ini diperintahkan oleh Allah SWT Tuhan sang pemilik segalanya tak terkecuali Covid-19 itu sendiri, semua milik dan di gerakan Allah SWT. 

Keyakinan ini menjadi obat alamiah bagi manusia dalam menghadapi berbagai tantangan, cobaan dan musibah yang datang dari Allah SWT, rasa pasrah dan semua urusan dikembalikan pada Allah menjadi jalan utama bagi manusia beriman sembari melakukan ikhtiar duniawi yang terukur secara pengetahuan manusia itu sendiri. 

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan manusia menjadi jalan diantara jalan dalam menyelesaikan masalah kehidupan terlebih Virus Covid-19. Berbagai jawaban ilmu pengetahuan hadir seperti pendekatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak), ikhtiar pengetahuan ini terus digalakan dan dikampanyekan dengan tujuan manusia selamat dari Covid-19. 

Para ahli mikrobiologi terus berusaha keras membuat cara lain yang paling jitu dalam mengahadapi Covid-19 dan tentunya apa yang dikembangkan, itu adalah vaksin, sebuah obat yang dianggap efektif dalam menghadapi jenis Virus yang masuk pada tubuh manusia. 

Pengembangan vaksin menjadi kesepakatan bersama seluruh pemangku diberbagai negara, terlebih otoritas WHO menjadi pijakan sentral dalam memutuskan bagaimana pentingnya penganggulangan wabah di dunia ini. Sehingga virus akan segera teratasi dengan hasil terselamatkannya kehidupan manusia di dunia ini. 

Pandangan Islam 

Kematian menjadi hak Allah, apakah dengan disebabkan penyakit, virus atau lainnya kematian tetap akan hadir pada siapapun yang dianggap makhluk hidup, karena sesuatu yang hidup pasti akan mati dan begitu pun dengan Virus Covid-19 pasti mati. 

Batasan kehidupan makhluk hidup punya waktunya tersendiri sesuai dengan ketentuan Allah SWT, kesimpulannya semua yang hidup pasti meninggal pada waktunya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline