Lihat ke Halaman Asli

Abu Ibrahim

Mengajar di Sekolah Dasar

Tak Bisa Mudik Gegara Pagebluk Corona, Ini 3 Persiapan Mudik Secara Online!

Diperbarui: 17 Mei 2020   00:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi video call (sumber: suara.com)

Hari raya Iedul Fitri hanya tinggal beberapa hari saja, keinginan berjumpa orang tua dikampung semakin tinggi. Tradisi berkumpul dengan keluarga besar yang hanya satu tahun sekali ini sangat melekat di masyarakat dan susah untuk ditinggalkan.

Hasil survei Litbang Kementerian Perhubungan (Kemenhub), pada mudik tahun 2019 moda transportasi yang paling banyak digunakan yaitu bus sebanyak 4,4 juta orang, mobil pribadi sebanyak 4,3 orang, kereta api sebanyak 2,4 juta orang, pesawat sebanyak 1,4 juta orang dan sepeda motor sebanyak 942 ribu orang.

Berdasarkan data yang dikutip dari Sistem Informasi Angkutan dan Sarana Transportasi Indonesia (Siasati) Kementerian Perhubungan(Kemenhub), jumlah pemudik pada 2019 pada H-7 hingga H-1 lebaran berjumlah 7,2 juta pemudik.

Dari data diatas tahun lalu menjelang Iedul Fitri antusias masyarakat untuk mudik masih sangat tinggi. Hampir semua perantau yang bekerja di kota-kota besar memang memanfaat libur yang panjang dan momentum hari suci untuk bertemu dengan sanak keluarga di kampung halaman.

Namun lebaran kali pemudik harus sabar dan menahan kekecewaannya, karena pemerintah melarang lebaran tahun 2020 untuk mudik ke kampung halaman guna membatasi penyebaran virus Corona.

Kecewa boleh saja tapi jangan sedih, kita masih bersilaturahmi dengan orang tua dan sanak saudara disana menggunakan telepon seluler. Kecanggihan teknologi yang ditanam di telepon seluler sekarang sudah sangat luar biasa menjadikan yang jauh menjadi dekat, bukan hanya dengan suara saja tetapi juga gambar secara langsung.

Video call menjadi unggulan komunikasi saat ini, suaranya ada gambarnya pun ada. Video call atau disebut panggilan video sebenarnya sudah ada pada tahun 90an dengan menggunakan alat bernama webcam, baru di tahun 1999 video call pada telepon seluler bisa digunakan dan semakin populer pada tahun 2003 berkat adanya teknologi jaringan 3G.

Nah, sekarang mari ke pergunakan telepon selular canggih kita untuk mudik online guna menyambung tali silaturahmi ke sanak saudara khususnya orang tua yang jauh disana.

Ini 3 persiapan untuk mudik online :

Pertama :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline