Lihat ke Halaman Asli

Dimensi #3: Keterlibatan dan Kegembiraan (4/10)

Diperbarui: 21 Desember 2022   23:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dimensi #3: Keterlibatan dan Kegembiraan (Flickr)

DIMENSI #3: KETERLIBATAN DAN KEGEMBIRAAN (4/10)

Ikhtisar

Dalam konteks Kurikulum Merdeka, untuk landasan pengajaran yang efektif ini akan digunakan empat jalur penelitian yang pernah dilakukan:

  • Penelitian meta-analitik Robert Marzano (2007) tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan siswa;
  • Robert Marzano dan Debra Pickering (2010) meneliti tentang apa yang membuat ruang kelas menarik;
  • Kerangka kerja Charlotte Danielson (2007) untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran; dan
  • Penelitian Silver & Perini (2010) yang menyelidiki dorongan motivasi inti yang memengaruhi tingkat komitmen siswa di kelas.

Dari empat penelitian tersebut, diekstraksikan prinsip-prinsip utama dan diidentifikasi serangkaian pertanyaan untuk penilaian diri guru. Dengan demikian kita dapat menyimpulkan bahwa betapa pentingnya arti keterlibatan kelas. Untuk melihat sejauh mana pembelajaran sebagai suatu hal yang menggembirakan perlu pula dimasukkan pertanyaan penilaian diri tentang hal-hal seperti semangat yang menginspirasi untuk belajar dan kapasitas kelas untuk mengejutkan dan menyenangkan siswa.

Gunakan skala peringkat 1-4 berikut untuk menanggapi setiap pertanyaan di halaman berikutnya.

1    Novis - Saya tidak melakukan ini di ruang kelas saya, atau penggunaan praktik ini tidak memiliki efek positif pada pembelajaran siswa saya.

2    Berkembang - Saya melakukan ini di kelas saya, tetapi penggunaan praktik ini terkadang memiliki efek positif pada pembelajaran siswa saya.

3    Mahir - Saya melakukan ini dengan baik dan saya memperhatikan adanya efek positif yang konsisten pada pembelajaran siswa.

4    Pakar - Saya melihat ini sebagai kekuatan saya. Saya dapat mengadaptasinya agar sesuai dengan kebutuhan siswa saya dan melihat hasil positif yang konsisten dan signifikan dalam prestasi siswa.

NA Not Applicable - Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline